Dispar Terjunkan Tim Pemantau Pelaksanaan Prokes

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Pariwisata (Dispar) bakal menerapkan protokol kesehatan (prokes) mencegah penyebaran Covid 19 di tempaty-tempat pariwisata. Saat ini berbagai persiapan terus dilakukan, termasuk memberikan sarana prasarana (sarpras) pendukung.

Kepala Dispar Gunungkidul, Asty Wijayanti mengatakan ratusan petugas akan diterjunkan untuk memonitor penerapan protokol kesehatan. Petugas pengamanan libur akhir tahun yang akan diterjunkan yakni sebanyak 406 personel eksternal dan 105 personil internal Dispar.

“Tim akan monitoring pemakaian masker, mencuci tangan dan terutama pembatasan jarak fisik dan pencegahan kerumunan. Ini semua dilakukan untuk mengantisipasi dan memutus penyebaran Covid-19 di Gunungkidul,” jelasnya di Wonosari, Senin (21/12/2020).

Dispar menargetkan selama libur Natal dan tahun baru mulai Kamis (24/12/2020) hingga Minggu (03/01/2021) Gunungkidul akan dikunjungai sebanyak 204.822 wisatawan. Sedangkan pedapatan dari sektor pariwisata ditargetkan akan mencapai Rp 1.540.115.000.

Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Gunungkidul, Supartono menambahkan dinas menyiapkan destinasi dengan pemberian sarana dan prasaranan. Sebanyak 55 destinasi wisata, 11 hotel dan 15 rumah makan telah diverifikasi dalam penerapan protokol kesehatan.

Bantuan diantaranya wastafel tempat cuci tangan, masker, tempat sampah, hand satitizer, sabun cair, tenda isolasi, velbed serta rambu rambu informasi dan kampanye protokol kesehatan dipasang di destinasi wisata. “Memudahkan pendataan wisatawan diharapkan melakukan reservasi melalui aplikasi Visiting Jogja,” imbuhnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI