Ditargetkan Selesai November, Embung Sendangtirto Mulai Penggalian

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pelaksanaan pembangunan Embung Sendangtirto di Berbah Sleman kini memasuki tahap konstruksi. Pembangunan proyek senilai Rp 8,6 miliar tersebut telah dimulai pada April lalu dan ditargetkan rampung November tahun ini.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Danau, Situ dan Embung (DSE) Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS-SO), Eko Supriyanto menjelaskan pembangunan proyek tersebut dikerjakan oleh pihak ketiga yakni PT Dwi Daya Lestari. Tahap awal pengengerjaan yakni pembersihan dan penggalian di lokasi pembangunan embung.

“Sesuai targat yang diberikan selama tujuh bulan, sehingga bulan November sudah harus selesai. Tentunya juga di bawah pengawasan dan pemantauan yang ketat agar hasilnya benar-benar maksimal,” tegas Eko Supriyanto di kantor BBWS-SO, Kamis (06/06/2021).

Ia menambahkan nantinya embung yang akan dibangun memiliki 4.800 meter persegi. Dari luasan lahan tersebut diharapkan embung Sendangtirto mampu menampung volume air hingga 9.700 meter kubik.

Hasil pemantauan yang dilakukan, saat ini tahap pembangunan memasuki penggalian. Tahap ini penting sebagai awal untuk mencari sumber mata air guna kelangsungan suplai air embung tersebut. “Saat ini baru dua mata air yang sudah ditemukan, nanti bisa tambah lagi,” tambahnya.

Sementara itu Lurah Sendangtirto, Sardjono berharap embung yang dibangun di wilayahnya seperti yang diharapkan. Dengan adanya embung Sendangtirto diharapkan dapat menjadi solusi pengairan bagi sawah para petani sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. (*)

BERITA REKOMENDASI