Dosen PBI UAD Berikan Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Masa pandemi Covid-19 telah menyebabkan semua proses pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring. Bagi anak-anak, pembelajaran daring ini cukup menantang dan bisa menurunkan semangat dan motivasi belajar mereka karena cara belajar mereka berubah drastis.

Agar mereka tetap bersemangat belajar dan mengenal Bahasa Inggris di tengah masa pandemi Covid-19, Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Soviyah, S.Pd., M.Hum., bersama Mahasiswa KKN UAD melaksanakan Program Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak di masa Pandemi Covid-19 di Dusun Brajan Tamantirto Kasihan Bantul.

Kegiatan yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UAD ini, bertujuan memberikan pendampingan dan pengenalan Bahasa Inggris untuk anak-anak. Kegiatan telah dilaksanakan pada Sabtu 13 dan 20 Februari 2021, dengan waktu pelaksanaan sore hari dari jam 15.00- 17.00 WIB.

Menurut Sovi, pandemi Covid-19 dan pembelajaran daring ini telah mempengaruhi kuantitas dan kualitas interaksi dan sosialisasi mereka. Untuk itu, perlu adanya program pendampingan belajar yang pas dan membuat anak-anak tetap bersemangat dan memiliki motivasi belajar yang tinggi.

Sovi menuturkan, materi yang diberikan meliputi conversation, melakukan beberapa game edukatif, mewarnai, dan menggambar. Anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti seluruh kegiatan.

“Orang tua juga memberikan respon positif terhadap pelaksanaan kegiatan. mereka berharap ke depannya kegiatan tersebut masih dapat terus dilaksanakan,” ujar Sovi, Selasa (16/03/2021).

Kegiatan yang diikuti sekitar 25 anak usia TK dan SD ini, dilaksanakan secara luring dengan menerapkan Protokol Kesehatan Pengendalian dan Pencegahan Penularan dan Penyebaran Covid-19. Yakni Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan Menyemprotkan hand sanitizer, dan Mencegah kerumunan dengan Menjaga jarak dan Membatasi mobilitas dan interaksi (3M). (*)

UAD

BERITA REKOMENDASI