Dukung Ketahanan Pangan, KKN UAD Optimalkan Penanaman Lorong Sayur

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Mahasiswa KKN Alternatif Ke-75 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Unit V.D.1 bersama dengan Ketua RT.11 Wirobrajan, Yogyakarta, melakukan kegiatan penanaman lorong sayur, Jumat (17/12/2021).

“Kegiatan ini untuk mengoptimalkan pemanfaatan lorong tanaman di RW 03 Wirobrajan di masa Pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19),” ujar Nur Azizah selaku Wakil Ketua Unit V.D.I KKN UAD.

Azizah menuturkan, penanaman Lorong sayur ini dilakukan secara vertikal karena penggunaan metode vertikal ini merupakan sistem penghijauan yang dirasa sesuai dan direkomendasikan untuk daerah perkotaan dengan lahan perkarangan yang terbatas atau sempit. “Lorong sayur menjadi salah satu kegiatan yang diadakan Pemkot Yogyakarta,” imbuhnya.

Kegiatan ini, kata Azizah, sebagai upaya mendukung ketahanan pangan masyarakat perkotaan di tengah kondisi Pandemi COVID-19. Wilayah RW 03 Kelurahan Wirobrajan menjadi salah satu wilayah yang mendukung kegiatan lorong sayur tersebut.

“Saat ini kondisi lokasi lorong sayur kurang terawat dengan baik. Beberapa tanaman sudah ditanami, tetapi di lokasi tersebut tidak ada jenis tanaman umbi-umbian. Terima sudah melakukan kegiatan penanaman lorong sayur dan menambahkan beberapa tanaman untuk di tanam di sini,” kata Budi selaku Ketua Lorong Sayur di RW.03 Wirobrajan.

Azizah menyampaikan, yang ditanam adalah tanaman kentang, tanaman tomat, tanaman cabai, Kangkung, kemangi dan masih banyak lagi jenis tanaman. “Kegiatan penambahan jenis tanaman ini dilanjutkan kegiatan monitoring setiap beberapa hari sekali,” ucapnya.

Menurut Azizah, kegiatan menanam tanaman juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan mental terlebih ketika masa Pandemi COVID-19 ini. Antara lain, lanjut Azizah, menurunkan tingkat kecemasan dan depresi, meningkatkan suasana hati, menambah aktivitas fisik dan meningkatkan kemampuan fokus.

“Secara estetis juga berfungsi memberikan kenyamanan dan keindahan wilayah melalui variasi warna tanaman dan ekologis berfungsi menyerap debu serta polusi sebagai penunjang kualitas ekologis,” tuturnya. (*)

BERITA REKOMENDASI