Edukasi Menu Seimbang Pemain SSB, Dosen Prodi Gizi Unriyo Lakukan Pendampingan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Studi (Prodi) Gizi Program Sarjana Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) bekerjasama dengan Sekolah Sepak Bola (SSB) Baturetno dan SSB Real Madrid UNY melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan memberikan Pendampingan tentang Pengaturan Menu Gizi Seimbang untuk Atlet Sepak Bola Junior kepada Pelatih SSB. Tim PkM terdiri dari Dosen Prodi Gizi Unriyo dengan Ketua Yuni Afriani, S.Gz., M.P.H, bersama anggota Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz., M.P.H, dan Siska Puspita Sari, S.Gz., M.P.H.

Yuni Afriani menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari. Peserta kegiatan ini adalah 11 pelatih sepak bola SSB Baturetno dan 16 pelatih sepak bola SSB Real Madrid UNY.

“Pelaksanaan PkM ini dilakukan dengan 2 metode yaitu secara langsung di SSB Baturetno dengan menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan dan Penyebaran Covid-19. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan memakai handsanitizer, Menjaga jarak, dan Tidak berkerumun (3M-1T),” ujar Yuni Afriani, Sabtu (28/11/2020).

Pelatihan dilakukan secara online melalui zoom meeting dilakukan di SSB Real Madrid UNY. Menurut Yuni Afriani, para pelatih sangat antusias mengikuti kegiatan PkM tersebut terutama saat diskusi dan contoh menu serta aplikasi basic diet, sport drink maupun sport food untuk atlet.

Yuni Afriani mengawali kegiatan PkM dengan penggalian data pengetahuan melalui Focus Group Discussion (FGD). Dilanjutkan dengan materi Basic Diet dan Sport Drink pada Atlet.

Dilanjutkan oleh Desty Ervira dengan materi Sport Food, dan di akhir sesi Siska Puspita menyampaikan materi contoh Basic Diet, Sport Food dan Sport Drink untuk atlet di Sekolah Sepak Bola.

Yuni Afriani mengharapkan, kegiatan pendampingan tentang pengaturan menu gizi seimbang pada atlet sepak bola junior bagi pelatih ini dapat memberikan penyegaran dan update informasi bagi para pelatih sepak bola di SSB. Khususnya di SSB Baturetno dan SSB Real Madrid UNY.

“Selain itu, agar lebih mudah dalam mendampingi dan memberikan edukasi kepada atlet dan orang tua atlet tentang pentingnya pengaturan menu yang sesuai dengan periodisasi latihan dan meningkatkan performa saat bertanding,” imbuh Yuni Afriani. (*)

SSB

BERITA REKOMENDASI