FKPPK Sambut Harapan Baru di Tahun 2022 dalam Tema Kuncen Nyawiji

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Menutup tahun 2021, Forum Komunikasi Pemuda Pemudi Kuncen (FKPPK) menyelanggarakan perayaan malam tahun baru 2022 sebagai wujud dari rasa syukur masyarakat Dusun Kuncen. Acara diselenggarakan dengan melaksanakan prokes sesuai dengan imbauan dari pemerintah, serta sebagai pertanda penutup tahun serta mengawali tahun yang baru. Kegiatan yang diselenggarakan oleh pemuda pemudi Dusun Kuncen dalam acara tersebut antara lain mancing gratis sambil diiringin alunan lagu dari grup musik lokal dari dusun Kuncen yaitu Sedulur Nada.

Disamping itu, pemud pemudi Dusun Kuncen juga berkoordinasi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Makmur Mandiri untuk memperkenalkan kepada warga masyarakat tentang apa itu BUMDes serta apa saja yang sudah menjadi capaian Makmur Mandiri. “BUMDes Makmur Mandiri merupakan badan usaha milik Desa Badran yang secara administrative terbaik se-Temanggung pada awal pendiriannya serta dijadikan sebagai contoh bagi BUMDes lain yang ada di Temanggung,” ucap Ketua BUMDes Makmur Mandiri, Hendro Adi P, Sabtu (31/12/2021).

Sampai hari ini BUMDes Makmur Mandiri telah memperkerjakan kurang lebih dua puluh orang pemuda Desa Badran. Ia mengatakan BUMDes merupakan ujung tombak bagi desa dalam meningkatkan perekonomian warga. “Koordinasi yang dilakukan oleh pemuda pemudi Dusun Kuncen dengan BUMDes merupakan bentuk dari sinergi yang terjadi antara pemuda pemudi dengan setiap unsur desa,” tambahnya.

Acara menyambut tahun baru ini dihadiri oleh Kepala Desa Badran, Nopirmansyah serta Kepala Dusun, Kepala RW maupun RT. Dalamkesempatan ini kepala desa secara simbolis melepas ikan pertanda dimulainya acara memancing.

“Saya total dalam membangung desa, rekan rekan pemuda pemudi juga harus lebih dari saya dalam membangun desa. Pembangunan dimulai dari kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh pemuda, karena bagaimanapun pemuda yang akan meneruskan dan menggantikan kami disini. Jangan sampai kalian pemuda tidak aktif dalam membangun desa maupun kegiatan kemasyarakatan, karena yang kalian dapat dengan masa muda yang tidak aktif dalam membangun desa, adalah penyesalan nanti,” Nopirmansyah.

Menuju puncak acara warga masyarakat disuguhkan dengan penampilan dari pemuda pemudi Dusun Kuncen yang menampilkan puisi dikolabirasikan dengan lagu jawa. Jelang pergantian tahun para pemuda pemudi menyalakan lilin serta renungan akhir tahun dan doa bersama. Kegiatan malam tahun baru ini sudah dipersiapkan dari jauh hari oleh pemuda pemudi Dusun Kuncen yang diketuai oleh Wiwit. (*)

BERITA REKOMENDASI