Gebyar Merdeka Wonosobo, Upaya Melahirkan Generasi Muda Ideologis

Editor: Ivan Aditya

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Spirit nasionalisme dan patriotisme merupakan hal penting yang mesti dimiliki oleh generasi muda pasalnya era globalisasi yang terjadi ini membawa implikasi yang sangat luas terhadap sendi kehidupan sosial, termasuk degradasi moral dalam diri pemuda. Oleh karena itu, diperlukan adanya stimulan yang komprehensif dari seluruh elemen bangsa dan negara untuk memberikan pemahaman ideologis terkait eksistensi pemuda yang nantinya akan memegang estafet kepemimpinan negeri.

Sebagai pimpinan tertinggi legislatif di tingkat daerah, sosok Eko Heru Prasetyo Wibowo akhirnya mengaktualisasikan konsepsi tentang pentingnya spirit nasionalisme dan patriotisme tersebut dengan kompetisi. Giat tersebut juga dilakukan untuk memberikan ruang ekspresi bagi pemuda dengan kreativitas yang dimilikinya. Kombinasi konsep tersebut nantinya diharapkan akan membawa output progresif bagi diri pemuda sehingga tumbuh kesadaran untuk memberikan dedikasi bagi bangsa dan negara.

“Momentum Bulan Agustus 2021 kami menyelenggarakan kompetisi kreatif bertajuk Gebyar Merdeka Wonosobo. Pemuda saat tentu harus memaknai tugas ideologis bagi bangsa dan negara. Konsepsi kami adalah bagimana untuk terus memberikan nilai-nilai reflektif terkait eksistensi pemuda yang mestinya mengabdi dengan tindakan realistis dan konstruktif bagi Ibu Pertiwi,” ungkap Eko Prasetyo Heru Wibowo. Sabtu, (04/09/2021).

Dari sisi historis, Kabupaten Wonosobo merupakan wilayah kedua yang jatuh ke tangan kolonialis ketika terjadi Agresi Militer Belanda II. Tentu sejarah peristiwa tersebut mesti dipahami secara kompehensif bagi masyarakat sebagai upaya untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme. Fakta sejarah tersebut memberikan makna terkait teritori Kabupaten Wonosobo yang letaknya sangat strategis di Provinsi Jawa Tengah.

“Kita punya kenangan yang di masa lampau terkait upaya untuk menjaga kedaulatan Bangsa Indonesia. Kenangan tersebut tentunya harus terus ditumbuhkan dan dipelihara dalam benak seorang pemuda. Ketika tim kami melakukan analisa sejarah secara intensif, para veteran yang menjadi saksi hidup perjuangan melawan penjajahan juga memberikan pesan ideologis. Nilai utamanya adalah harapan adanya partisipasi aktif dari diri pemuda untuk mengabdi bagi tanah air dan bangsa,” tutur Ketua DPRD Kabupaten Wonosobo tersebut.

Ditemui di kediamannya, sosok Eka Gunadi selaku stakeholder event mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan acara. Sinergitas yang terjalin tersebut diharapkan akan senantiasa berlanjut dan mendapatkan partisipasi yang lebih antusis kedepannya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah berpartisipasi dalam Gebyar Merdeka Wonosobo ini. Karya fotografi dan videografi ini setidanya menjadi kampanye positif terkait pentingnya nasionalisme dan patriotisme. Di sisi lain juga ada peran aktif dari pemuda ideologis yang berwadah di Korps Komunitas Juang Kabupaten Wonosobo. Terakhir, partnership kami selaku Event Organizer yakni Pangeran Senja. Saya berharap event ini nantinya akan terus berlanjut serta terkombinasi dengan ide-ide aktual,” pungkas Eka Gunadi. (*)

BERITA REKOMENDASI