Gelar Vaksinasi Massal di Cangkringan, Polda DIY Bagikan Masker

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJPOGJA.com – Polda DIY bekerja sama dengan Penambang Pasir Berijin Wilayah Cangkringan Sleman mengadakan vaksinasi massal untuk warga Wukirsari Cangkringan Sleman, Kamis (21/10/2021). Kegiatan percepatan vaksin ini menyasar 73 Padukuhan da 5 Kalurahan di Cangkringan Sleman meliputi Wukirsari, Glagaharjo, Kepuharjo, Argomulyo dan Umbulharjo

Kasubdit 2 Ditintelkam Polda DIY, Kompol Dwi Prasetyo SE MH menuturkan saat ini sudah muncul kesadaran di masyarakat bahwa seluruh aktivitas dan mobilitas di ruang publik harus memiliki sertifikasi vaksin atau melalui aplikasi PeduliLindungi. Selain itu kesadaran untuk menegakkan protokol kesehatan (prokes) mulai muncul tengah masyarakat untuk selalu menganakan masker, mancuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

“Kami optimis herd immunity (kekebalan komunal) 80 persen dapat segera tercapai untuk DIY. Sejalan dengan itu, kegiatan vaksinasi massal ini bertujuan memberikan akses bagi masyarakat untuk mendapatkan vaksin agar memudahkan mereka dalam melakukan aktivitas kegiatan perekonomian,” ungkapnya.

Dwi Prasetyo menyampaikan, kegiatan perekonomian warga Cangkringan, terutama di bidang pertambangan memiliki sejumlah kendala akibat pandemi Covid-19. Menyikapi hal ini, Polda DIY memberikan sejumlah 850 paket bantuan sosial (bansos) untuk warga terdampak pandemi di wilayah Cangkringan.

“Sekaligus diserahkan bantuan untuk tenaga medis guna mendukung penerapan prokes seperti masker, hand sanitizer dan sarung tangan. Bansos ini diharapkan bisa sedikit membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, walaupun belum bisa menjangkau semua warga,” imbuhnya.

Kabiddokkes Polda DIY, Kombes Pol dr Is Sarifin SpB menjelaskan, target 1.000 dosis vaksin bisa terpenuhi karena masyarakat sangat antusias. Untuk kegiatan vaksinasi kali ini menggunakan vaksin Sinovac.

“Kegiatan hari ini bisa melayani vaksinasi untuk dosis pertama maupun dosis kedua, asalkan vaksinnya masih tersedia,” terangnya didampingi Ketua Tim (Katim) kegiatan vaksinasi massal, Kompol drg Tenang Wahyudi.

Sementara itu Ketua Paguyuban Penambang Pasir Berijin Wilayah Cangkringan Sleman, Riatmono SE sangat mengapresiasi kegiatan percepatan vaksin dari Polda DIY ini. Aktivitas masyarakat sebagai penambang pasri yang setiap hari berinteraksi dengan banyak orang memerlukan pelindung diri dari Covid-19, salah satunya dengan vaksinasi.

“Apalagi bagi warga yang bekerja di sektor penambangan pasir, vaksin sangat diperlukan guna memberikan rasa aman karena setiap hari harus berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai wilayah termasuk yang datang dari luar DIY,” jelasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI