Gereja TDGY Macanan Gelar Vaksinasi Massal

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Gereja Paroki Tyas Dalem Gusti Yesus (TDGY) Macanan di Potrojayan Madurejo, Prambanan Sleman melaksanakan kegiatan vaksinasi massal untuk masyarakat umum, Sabtu (11/09/2021). Dalam kegiatan ini, Pengurus Gereja TDGY Macanan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Vaksinasi massal ini bertujuan mendukung program pemerintah dalam menanggulangi dan mencegah penyebaran dan penularan wabah Corona Virus Desease 2019 (COVID-19),” kata Dwi Daryanto selaku Ketua Panitia Pelaksanaan Kegiatan Vaksinasi Massal Gereja TDGY Macanan.

Dwi menjelaskan, panitia menyediakan kuota 1.400 Vaksin Sinovac dosis pertama. Jumlah pendaftar sudah melampaui kuota yang diberikan yakni sejumlah 1.431 peserta. Namun, peserta yg hadir ada 1.261 orang, dan yang bisa tervaksin 1.220, sedangkan 41 lainnya tidak bisa tervaksin.

Terpantau, peserta tidak hanya berasal dari internal umat Gereja TDGY Macanan saja, tapi juga dari masyarakat umum dari berbagai wilayah DIY dan Jateng. “Tenaga Kesehatan (Nakes) yang dilibatkan ada 60 personil. Mereka berasal dari Dinkes Sleman, Puskesmas Prambanan, dan Rumah Sakit (RS) Dinas Kesehatan Tentara (DKT) dr. Sutarto Yogyakarta yang merupakan salah satu Rumah Sakit rujukan dalam penanganan COVID-19,” imbuhnya.

Hadir mewakili Bupati Sleman, Kadinkes Sleman dr Mafilindati Nuraini MKes. sangat mengapresiasi langkah-langkah nyata Gereja,M Di wilayah Kabupaten Sleman yang telah membantu pemerintah Sleman dalam percepatan program vaksinasi. Seperti Gereja katolik Pakem, Gereja Pringwulung, Gereja Gamping, dan Gereja Maguwo yang sudah lebih dahulu mengadakan vaksinasi massal. Selanjutnya, Gereja Katolik Kalasan yang juga akan melaksanakan vaksinasi massal.

“Pemerintah Kabupaten Sleman mengharapkan langkah gereja ini menjadi contoh bagi yang lain untuk terus peduli terhadap kesehatan masyarakat dalam menghadapi situasi Pandemi COVID-19,” jelasnya.

Sementara itu, AR Yudono Suwondo Pr SPd SS MHum selaku Wakil Uskup atau Vikarius Episkopalis (Vikep) Yogyakarta Barat menuturkan, Gereja TDGY Macanan bersinergi dengan semua pihak untuk berkontribusi memulihkan kondisi bangsa melalui kegiatan vaksinasi massal ini. “Ini merupakan perwujudan rasa cinta kepada Bangsa Indonesia yang saat ini sedang berjuang mengatasi Pandemi COVID-19,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, terlihat bahwa kesadaran masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari COVID-19 semakin tinggi. Kegiatan ini juga diharapkan mendorong masyarakat untuk tidak takut divaksin, aebab sebagian masyarakat masih ada yang takut divaksin karena kuatir dampaknya.

“Padahal, vaksin bukanlah sesuatu yang menakutkan, tapi berguna agar kita sehat dan terhindar dari COVID-19,” ungkapnya.

Hadir meninjau, Drs Rasyid Ratnadi Sosiawan MSibselaku Panewu (Camat) Kapanewon (Kecamatan) Prambanan sangat mengapresiasi kegiatan yang memiliki dampak yang luar biasa bagi warga Kapanewon Prambanan ini. Kegiatan yang mendukung Percepatan Program Vaksinasi Nasional ini diharapkan mampu segera menciptakan Herd Immunity (Kekebalan Komunal).

“Melalui ketersediaan jumlah vaksin yang lebih banyak, maka akan lebih besar pula jumlah warga yang bisa mengakses vaksin,” terangnya. (*)

BERITA REKOMENDASI