Heroe Poerwadi Apresiasi Kesadaran Masyarakat Yogyakarta Patuhi Prokes

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi kesadaran masyarakat dalam menegakkan protokol kesehatan (prokes) dan menjalani vaksinasi cukup tinggi. Hal ini menurutnya yang menjadi kunci keberhasilan Kota Yogyakarta dalam menghadapi pandemi Covid-19 sehingga mampu menekan penyebarannya.

“Modal sosial masyarakat Kota Yogyakarta cukup tinggi dalam pengelolaan sejak dari penyemprotan, vaksinasi, pencegahan,perawatan dan penguburan bagi warga yang meninggal. Adanya keterlibatan masyarakat dalam permasalahan penanganan pandemi ini, merupakan salah satu kunci keberhasilan kita,” ungkapnya saat saat berada di kawasan Tegalrejo Yogyakarta, Sabtu (16/10/2021).

Selain itu kebersamaan dan semangat gotongroyong yang kuat membuat Kota Yogyakarta dapat cepat turun dari level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dari sebelumnya berada pada level 4 kemudian turun menjadi level 3 dan ia optimis nantinya kota ini akan segera menjadi level 2 hingga 1.

“Banyak orang yang bertanya kenapa Kota Yogyakarta pandeminya cepat melandai (turun), karena masyarakat Yogya selalu terbuka dan transparan dalam mengatasi pandemi Covid-19,” kata Heroe Poerwadi yang juga sebagai Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta.

Jika pandemi ini dilalui bersama dengan penuh kesadaran maka Heroe Poerwadi yakin Kota Yogyakarta dapat segera masuk ke dalam zona hijau. Dengan terkendalinya situasi maka perekonomian dapat kembali berputar dan aktivitas masyarakat segera pulih seperti sedia kala.

Walau saat ini angka positif harian Covid-19 mulai menurun, namun Heroe Poerwadi mengingatkan masyarakat untuk selalu disiplin dalam menjalankan prokes. Prokes dan vaksinasi merupakan dua upaya yang harus dilakukan bersamaan guna memutus rantai penyebaran Covid-19 saat ini.

Mengenai vaksinasi dosis kedua, Heroe Poerwadi menjelaskan saat ini seluruh warga Kota Yogyakarta hampir seluruhnya telah menerima. Ia menargetkan vaksinasi dosis kedua akan dapat selesai pada bulan Desember mandating.

“Yang telah divaksinasi hampir semuanya. Kini kita menunggu bagi masyarakat penyintas dan komorbit, kapan mereka seharusnya untuk di vaksinasi,” pungkasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI