IKA LKBH FH UII Desak Presiden Bentuk Tim Pencari Fakta

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam menegakkan hukum dan keadilan merupakan keniscayaan. Karena keadilan itu sendiri merupakan pokok jatuh bangunnya kehidupan manusia baik dalam aspek individual, sosial, keyakinan dan konstitusional.

Tanggal 10 Desember adalah hari Hak Asasi Manusia sedunia dengan ‘Tema Recover Better Stand Up for Human Rights’. Melalui tema HAM ke-72 tersebut masyarakat diajak untuk melihat kondisi riil situasi pandemi Covid-19 yang secara langsung atau tidak telah menyebabkan meningkatnya kemiskinan, ketidaksetaraan, diskriminasi, kekerasan yang mengakibatkan matinya orang, kesenjangan dan lain sebagainya.

Sekretaris Ikatan Keluarga Alumni LKBH (IKA LKBH) FH UII, HM Zam Zam Fathoni mengatakan, perlindungan terhadap penghormatan, penegakan hukum dan pemenuhan HAM adalah tanggung jawab negara sesuai amanah undang-undang No. 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Oleh karena itu Ikatan Alumni IKA LKBH FH UII sangat menyesalkan terjadinya peristiwa tanggal 7 Desember 2020 yakni peristiwa penembakan oleh aparat kepolisian yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa yakni 6 orang anggota salah satu ormas.

“IKA LKBH FH UII mendesak presiden bersama Komnas HAM segera membentuk tim investigasi pencari fakta yang independen demi transparansi dan keutuhan bangsa,” tehasnya di Yogya, Kamis (10/12/2020).

IKA LKBH FH UII mendorong penegakan HAM harus berdasarkan kemauan dari pemerintah dalam praktek implementasinya dalam berbangsa dan bernegara. Sehingga ada jaminan atau perlindungan terhadap jiwa, keyakinan, kehormatan, harta benda dan perlindungan terhadap orang yang tidak bersalah serta lain sebagainya demi keselamatan dan ketentraman bangsa. (*)

BERITA REKOMENDASI