Ikadin DIY Beri Pembekalan 21 Advokat Baru

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – DPD Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) DIY menggelar pembekalan bagi para anggota yang dilaksanakan di Hotel Ayaarta Yogyakarta, Kamis (29/04/2021). Pembekalan diberikan kepada para anggota yang belum lama ini telah dilantik dan diambil sumpahnya untuk menjadi seorang Advokat.

Ketua DPD Ikadin DIY, Mulyadi SH mengatakan sebanyak 21 Advokat baru mengikuti pembekalan ini. Pembekalan diberikan guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para anggota agar nanti saat beracara dapat menjadi Advokat yang beretika serta bermartabat.

“Kami merasa masih perlu membekali mereka sebelum terjun untuk melaksanakan tugas sebagai Advokat. Ikadin sangat berharap mereka siap, baik secara mental dan materi,” jelas Mulyadi disela pembekalan yang dilanjutkan dengan kegiatan buka bersama anggota Ikadin DIY.

Ia menambahkan pembekalan ini penting artinya bagi para Advokat, terutama tentang kode etik. Mulyadi menegaskan bagi anggota Ikadin, kode etik harus dijunjung tinggi sehingga dalam setiap pembekalan materi ini selalu diberikan dalam porsi yang besar.

“Materi kode etik itu bagi kami 75% dibanding materi lainnya. Ketika mereka menguasai kode etik maupun etika profesi, maka para Advokat akan terhindar dari tindakan tidak beretika yang pada akhirnya dapat terjerat hukum,” imbuhnya.

Selain itu, pendidikan berkelanjutan juga terus dilakukan dalam bentuk seminar maupun pelatihan lainnya. Sedangkan yang telah rutin dilaksanakan setiap bulannya yakni legal update yang membahas isu-isu hukum terkini dengan pemateri dari DPP Ikadin.

Mulyadi berharap kedepan Advokat Ikadin harus punya ciri pembeda. Advokat Ikadin harus kritis dan mempunyai pengetahuan hukum yang cukup bagus, dengan itu saat terjun di lapangan maka dapat membawa moral Ikadin.

Sekretaris DPD Ikadin DIY, Muhammad Novweni SH menambahkan selain pembekalan kegiatan digelar untuk menjalin silaturahmi semua anggota. Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan berita acara sumpah Advokat.

Sementara itu ketua panitia, Tri Manalu SH mengatakan karena tidak semua yang dilantik dan di sumpah itu merupakan produk dari pendidikan Advokat Ikadin, maka perlu diadakanya pembekalan ini. Dengan demikian sehingga nantinya kemampuan Advokat Ikadin dapat sesuai seperti yang diharapkan. (Van)

BERITA REKOMENDASI