Ingatkan Prokes, Pemuda Muhammadiyah DIY Salurkan Ratusan Paket Sembako

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) DIY menyalurkan ratusan paket sembako di lima kabupaten dan kota. Sembako tersebut dibagikan khususnya kepada warga Muhammadiyah terutama para kader Pemuda Muhammadiyah ataupun kokam di masing-masing Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) lima kabupaten maupun kota di DIY.

Ketua PWPM DIY, Anton Nugroho mengatakan paket sembako yang disalurkan terhitung sebanyak 265 bungkus berisikan beragam bahan pokok. Pembagian telah disalurkan secara serentak di gedung PWM DIY, Jalan Gedongkunimg pekan kemarin.

“Semua kita salurkan baik di Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul, Gunungkidul maupun Kulonorogo. Masing-masing daerah menerima 50 bungkus paket sembako yang kemudian disalurkan kepada para kader di masing – masing daerah,” terang Anton kepada KRJOGJA.com, Senin (18/10/2021).

Ia menjelaskan Pemuda Muhammadiyah DIY terus berperan aktif dalam penanganan pandemi. Ratusan relawan terjun di tengah masyarakat untuk membantu penanganan jenazah terpapar Covid-19.

Selain itu Pemuda Muhammadiyah DIY juga beroperan aktif turut menangani ekonomi akibat pandemi melalui berbagai penyaluran bantuan. Anton berharap apa yang dilakukan ini dapat membantu pemulihan perekonomian di tanah air.

Tak lupa Anton mengingatkan kepada seluruh anggota, keluarga besar Muhammadiyah maupun masyarakat untuk selalu menegakkan protokol kesehatan (prokes). Budaya memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengindari kerumunan dan mengurangi aktivitas di luar rumah harus terus dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19.

Dalam aksi sosial ini PWPM DIY mengaandeng penyedia jasa layanan transportasi, Grab. Anton mengaku tidak mengetahui persis alasan Grab menjatuhkan kerjasama dengan Pemuda Muhammadiyah.

Baginya, hal yang terpenting bahwa kerjasama tersebut merupakan kerjasama dalam kebaikan sebagai bagian solusi membantu ekonomi warga terdampak ekonomi akibat pendemi. “Maka sebagai pihak yang menerima amanah, kemudian kami salurkan apa adanya,” terangnya.

Anton mengutarakan kerjasama dengan lembaga lain sering dilakukan Muhammadiyah ataupun juga Pemuda Muhammadiyah, sepanjang dalam kerangka kebaikan. Sebelum ada kerjasama dengan Grab, Pemuda Muhammadiyah DIY juga mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Agama RI melalui Kanwil Kemenag DIY berupa penyaluran bantuan sembako, program pelatihan pemulasaran jenazah terpapar covid-19 serta bantuan sarana sekretariat. (Van)

BERITA REKOMENDASI