Intibios Laboratorium, Solusi Terpadu Penanganan Covid-19

Editor: Ivan Aditya

SATUAN Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat Provinsi DIY mengalami kenaikan kasus di penghujung tahun 2020. Angka positif di DIY pada pekan terakhir bulan Desember lalu melonjak dari 1.350 menjadi 1.613 kasus. Salah satu pemicunya adalah ketimpangan antara tingginya penularan dan penanganan yang belum terpadu.

Merespon tingginya lonjakan kasus positif di DIY, kini hadir fasilitas tes Covid-19, Intibios Laboratorium di Jalan Godean km 5 Gamping Sleman. Intibios Lab melayani berbagai tes Covid-19 seperti Rapid Tes, Swab Antigen dan PCR. Terdapat laboratorium kontainer level Biosafety Level (BSL)-2 plus yang dapat langsung menganalisis berbagai macam sampel.

Kehadiran Intibios dengan fasilitas lengkap dan teknologi laboratorium turut membantu pengendalian Covid-19 di DIY. Menurut Direktur PT Intibios Yogyakarta, Thomas Handojoyo berbagai fasilitas medis sangat membantu penanganan Covid secara terpadu. Bahkan, Intibios menjadi Laboratorium rujukan dari berbagai klinik dan rumah sakit di DIY.

“Kami bekerja sama untuk memeriksa sampel dari klinik dan rumah sakit. Memang kehadiran Intibios tidak hanya melayani masyarakat, tetapi juga sebagai rujukan. Banyak klinik dan rumah sakit yang kini tidak perlu mengirim sampelnya ke Jakarta lagi,” ujarnya.

Intibios Laboratorium di DIY beroperasi sejak tanggal 1 Desember 2020. Pada awal beroperasi, pemeriksaan sampel mencapai 200 per hari. Namun kini dengan antusiasme masyarakat serta pelayanan yang profesional, pemeriksaan sampel mencapai lebih dari 500 per hari.

Jumlah ini belum termasuk pemeriksaan sampel rujukan. Bahkan dengan teknologi laboratorium, kapasitas pemeriksaan sampel bisa mencapai lebih dari 1000 per hari. Laboratorium berstandar (BSL)-2 plus ini dapat beroperasi selama 24 jam.

“Seluruh teknologi disini turut didukung oleh tenaga medis profesional. Para analis kesehatan disini merupakan spesialis micro biologi,” kata Handojoyo.

Cepat, Akurat, Terpercaya

Laboratorium Intibios didesain berbentuk kontainer yang terbagi dalam tiga ruang. Seluruh perlengkapan dan fasilitas medis memenuhi standarisasi WHO. Dengan kelebihan ini, hasil tes polymerase chain reaction atau PCR dapat diketahui hanya dalam jangka waktu kurang dari 24 jam (same day).

Para analis medis di Intibios bekerja dengan sistem dan standar kompetensi. Seluruh sampel Covid-19 berupa cairan tubuh yang diambil melalui usap (swab) maupun sampel darah, dianalisis dengan baik. Hasilnya pun cepat akurat dan terpercaya. Layanan ini juga dapat dilakukan di rumah maupun perkantoran melalui home service.

Kehadiran fasilitas tes yang modern seperti Intibios efektif mengendalikan penyebaran Covid-19 di DIY sebagai kota wisata. Penanganan yang cepat, akurat dan terpercaya turut memudahkan upaya tracking (pelacakan), tracing (penelusuran) dan testing (pengujian). Tentu hal ini berguna untuk memetakan sebaran kasus.

Tingkatkan Kapasitas Tes

Baru-baru ini, Anggota DPR RI Subardi meninjau salah satu fasilitas tes Covid-19 di Intibios. Legislator dari Dapil DIY itu berbincang dengan petugas medis dan sejumlah warga dan wisatawan yang ikut mengantre. Subardi juga melihat cara kerja Intibios laboratorium yang mampu melayani berbagai tes Covid-19. Ia menilai, pengendalian Covid-19 memang butuh kerja sama antara pemerintah dengan swasta seperti Intibios.

“Fasilitas disini modern dan lengkap. Saya apresiasi dengan kerja keras tim medis yang mampu melayani berbagai tes Covid-19 hingga 500 sampel atau bahkan sampai 1.000 sampel per hari,” kata Subardi yang turut dites PCR sebagai metode pemeriksaan Covid-19 yang direkomendasikan WHO.

Meningkatkan kapasitas tes sangat penting disaat angka positivity rate masih tinggi. Secara keseluruhan positivity rate di Indonesia sekitar 18%, jauh melebihi standar WHO yang seharusnya di bawah 5%.

Dengan kapasitas tes yang tinggi, Intibios hadir sebagai solusi penanganan Covid-19 secara terpadu. Temuan kasus positif pun dapat segera ditangani, baik dirujuk ke Rumah Sakit maupun isolasi mandiri. (Van)

BERITA REKOMENDASI