JCW Minta Pembangunan Bangsal Perawatan RSUP dr Sardjito Segera Dilaksanakan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Jogja Corruption Watch (JCW) meminta pembangunan bangsal perawatan di RSUP dr Sardjito Yogyakarta dapat segera dilaksanakan. Keberadaan bangsal perawatan dalam kondisi seperti saat ini sangat penting ditengah terus meningkatnya jumlah pasien yang harus mendapatkan penanganan di rumah sakit.

Ketua JCW, Baharuddin Kamba menyayangkan tak kunjung dikerjakannya proyek pembangunan bangsal perawatan itu. Padahal proyek dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tersebut sudah dilakukan lelang sebanyak tiga kali.

“Lelang seharusnya sesuai prosedur saja. Kalau ada intervensi dari pihak luar sehingga lalang tidak rampung-rampung itu akan menggangu proses yang ada,” kata Baharuddin Kamba di Yogya, Jumat (02/07/2021).

Baharuddin Kamba mengungkapkan kondisi rumah sakit saat ini sangat butuh perhatian dari semua pihak. Tak hanya pasien saja, namun dokter dan tenaga kesehatan (nakes) kini tengah berjuang untuk melawan Covid-19.

Jika jerih payah tersebut tak didukung dengan tindakan nyata, maka akan sia-sia saja progam yang dilakukan pemerintah. Ia tidak berharap, namun jika para dokter dan nakes kualahan atau bahkan sampai jatuh sakit maka itu akan sangat merugikan masyarakat.

“Kasihan dengan konsidi seperti ini. Saya paham betul, saya mengalami sendiri bagaimana kondisi di Sardjito. Belum lagi dokter dan nakes, misal jika mereka juga turut sakit maka siapa yang akan merawat pasien?” tambahnya.

Baharuddin Kamba tak mempedulikan perusahaan mana yang akan mengerjakan proyek tersebut, namun pastinya pembangunan ini harus segera dilaksanakan. Apalagi dengan nilai anggaran yang mencapai Rp 57 miliar, maka pembangunan tersebut harus dikerjakan sebaik-baiknya.

“Siapapun pemenangnya, selama mengikuti dan memenuhi persyaratan maka diikuti saja. Kalau ini tidak jadi-jadi maka akan sampai kapan dilaksanakan? Sedangkan pasien terus berjatuhan. Ini demi kemanusian, sehingg lebih penting dari sekedar intervensi,” imbuhnya

Dalam lelang proyek ini paket yang dikerjakan yakni konstruksi fisik pembangunan gedung parkir dan bangsal perawatan RSUP dr Sardjito Yogyakarta. Ditargetkan poryek ini akan mulai dikerjakan pada pertengahan bulan Juli. (Van)

BERITA REKOMENDASI