Kembangkan Bisnis Rumah Tangga, Mahasiswa KKN UAD Beri Pelatihan Pembuatan Brownies

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pelatihan pembuatan Brownies untuk ibu-ibu warga Jatimulyo RT.14 RW.03, Kricak, Tegalrejo, Yogyakarta dilakukan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 75 Unit I.D.1 dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Kegiatan pelatihan ini dipandu oleh mahasiswa KKN UAD Venia Harahap dan diikuti oleh 20 ibu-ibu yang bertempat di salah satu rumah warga, Jumat (17/12/2021).

Fadhil Prasetya Yuniarto selaku Ketua Tim Unit I.D.1 KKN UAD menuturkan, tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan dalam membuat Brownies.

“Sehingga diharapkan dengan adanya pelatihan pembuatan Brownies ini bisa dijadikan sebagai ide bisnis untuk menambah pendapatan ibu-ibu rumah tangga di Jatimulyo RT.14 RW.03,” ujarnya.

Venia menyampaikan, Brownies merupakan salah satu jenis kue yang terkenal berasal dari Amerika Serikat, dengan resep yang pertama kali dikembangkan pada akhir abad ke-19.

“Pembuatan Brownies sangat mudah dilakukan dengan bahan yang tidaklah sulit untuk didapatkan. Bisa dibeli di pasar, toko swalayan, maupun toko bahan roti dengan harga yang masih terjangkau,” urainya.

Dalam kegiatan pelatihan ini, kata Venia, pembuatan Brownies dibuat menggunakan bahan-bahan yang terdiri dari tepung terigu, mentega, gula, telur, coklat, kacang Almond, dan keju. Bahan-bahan ini menjadi dasar dari pembuatan Brownies.

Adapun peralatan yang digunakan meliputi timbangan, baskom adonan, solet plastik, sendok, kuas, saringan, pisau, pengaduk, parut keju, mangkuk, loyang alumunium, kertas roti, kompor, dan oven.

Venia yang dibantu oleh beberapa rekan KKN UAD membersamai ibu-ibu dalam pembuatan Brownies.

“Ibu-ibu terlihat sangat antusias dan beberapa mencoba untuk ikut serta dalam pembuatan Brownies,” ungkapnya.

Pembuatan Brownies dilakukan dengan urut dari mencampurkan bahan sampai pada proses pengovenan dan penyajian.

“Tidak hanya prakteknya, namun setiap langkah, jenis dan ukuran bahan yang digunakan juga disertai penjelasan untuk memudahkan ibu-ibu,” imbuhnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi makan bersama Brownies yang sudah jadi dan kemudian sesi foto bersama perwakilan ibu-ibu dan mahasiswa KKN UAD.

Kegiatan ini mendapat tanggapan yang positif dari ibu-ibu, salah satunya dari Triyanti selaku Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RT.14.

“Untuk pelatihan pembuatan Brownies mengenai bahan-bahan dan alat-alat perinciannya sudah sangat jelas, untuk adik-adik KKN UAD tetap semangat untuk menimba ilmu dan semoga bermanfaat bagi sesama,” ucapnya. (*)

BERITA REKOMENDASI