Kendalikan Covid-19 dengan Fasilitas Medis Terlengkap 

Editor: Ivan Aditya

PANDEMI Covid-19 yang hingga kini belum berakhir menuntut ketersediaan laboratorium di berbagai daerah. Harus diakui, masih banyak daerah di tanah air yang belum memiliki laboratorium dengan layanan tes polymerase chain reaction (PCR). Tes ini satu dari sekian banyak layanan tes lainnya, dalam rangka mengendalikan penyebaran Covid-19.

Intibios Laboratorium hadir sebagai solusi terpadu penanganan Covid-19. Laboratorium dengan fasilitas yang lengkap dan modern ini berada di Jalan Godean Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman. Intibios melayani berbagai tes Covid-19 seperti Antigen, Serelogy, Rapid dan PCR. Terdapat laboratorium kontainer level Biosafety Level (BSL)-2 plus yang dapat langsung menganalisis berbagai macam sampel.

Menurut salah satu Dokter di Intibios, dr Kirana Dyah Mahardika berbagai fasilitas medis sangat membantu penanganan Covid-19 secara terpadu. Bahkan, Intibios menjadi Laboratorium rujukan dari berbagai klinik dan rumah sakit di Yogya.

“Kami bekerja sama untuk memeriksa sampel dari klinik dan rumah sakit. Memang kehadiran Intibios tidak hanya melayani masyarakat, tetapi juga sebagai rujukan. Banyak klinik dan rumah sakit yang kini tidak perlu mengirim sampelnya ke Jakarta lagi,” ujar dokter jebolan UGM itu.

Intibios Lab di Yogya beroperasi sejak tanggal 1 Desember lalu. Sejauh ini terdapat 400 sampel perhari yang diperiksa. Namun, lanjut Kirana, dengan fasilitas yang lengkap dan teknologi laboratorium, Intibios mampu memeriksa hingga lebih dari 1.000 sampel per hari.

“Kami didukung oleh tenaga medis profesional. Para analis kesehatan disini merupakan spesialis mikro biologi,” kata Kirana.

Para analis medis di Intibios bekerja dengan sistem dan standar kompetensi. Seluruh sampel Covid-19 berupa cairan tubuh yang diambil melalui usap (swab) maupun sampel darah, dianalisis dengan baik. Hasilnya pun cepat akurat dan terpercaya. Layanan ini juga dapat dilakukan di rumah maupun perkantoran melalui home service.

“Banyak yang ingin diperiksa di rumah karena khawatir terpapar jika ke rumah sakit. Dengan layanan home service, kami berkomitmen mengendalikan tracing penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Apresiasi dari Anggota DPR

Anggota Komisi VI DPR RI, Subardi mengapresiasi layanan profesional Intibios. Sebagai wakil rakyat dari DIY, Subardi turut mendukung Intibios melayani masyarakat debgan tarif yang tidak membebani.

“Pelayanannya bagus. Tarifnya pun tidak mahal. Ini sangat membantu masyarakat,” kata Subardi yang mengaku puas usai mencoba tes usap di Intibios, baru-baru ini.

Kehadiran Intibios turut membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19. Hal ini diakui Subardi setelah melihat tren angka positif di Yogya bergerak naik di bulan Desember ini.

“Pemerintah butuh peran swasta seperti Intibios dalam penanganan dan pengendalian Covid-19. Tentu tidak sembarang swasta dan bukan semata untuk ladang bisnis. Saya menilai, Intibios bekerja profesional apalagi menjadi rujukan bagi sejumlah rumah sakit,” ujar Mbah Bardi, sapaan akrabnya.

Dengan kemampuannya memeriksa hingga lebih dari 1.000 sampel per hari, Subardi yakin Intibios menjadi mitra pemerintah untuk menyukseskan program vaksinasi. “Saya yakin Intibios menjadi rujukan untuk program vaksinasi di wilayah Jogja dan sekitarnya,” jelasnya.

Laboratorium Intibios didesain berbentuk kontainer yang terbagi dalam tiga ruang. Seluruh perlengkapan medis memenuhi standarisasi WHO. Dengan fasilitas yang lengkap dan teknologi laboratorium,hasil tes PCR dapat diketahui hanya dalam jangka waktu kurang dari 24 jam. (Van)

BERITA REKOMENDASI