KKN UAD Gelar Program Bangirejo Sehat, Layanan Gratis Posbindu Posyandu Balita dan Lansia

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Masyarakat di RW.12 Dusun Bangirejo, Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta belum lama ini mengadakan Posbindu (Pos Binaan Terpadu), Posyandu Balita (Pos Pelayanan Terpadu Anak di Bawah Lima Tahun), dan Posyandu Lansia (Lanjut Usia) secara bertahap bersama Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang tergabung dalam Unit II.B.1. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 75 UAD.

Penyelenggaraan acara dipimpin langsung oleh drg. Any Pristiwaty selaku dokter pendamping Posbindu Posyandu Lansia, Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Wahyu Iswati, Dosen UAD Pembina KKN Meita Fitrianawati, seluruh anggota PKK RW.12, dan seluruh anggota Unit II.B.1 KKN Alternatif 75 UAD.

Muhammad Farhan selaku Ketua Unit II.B.1 KKN UAD menuturkan, Dusun Bangirejo RW.12, terdiri dari RT.42-46 dengan 700 kepala keluarga, maka untuk pelaksanaannya dilakukan secara bertahap.

Pada tanggal 7 november 2021, kata Farhan, dilaksanakan Posbindu yang dihadiri oleh 85 orang, Posyandu balita pada tanggal 14 November 2021 dihadiri oleh 25 balita, dan terakhir posyandu lansia yang dilaksanakan pada tangal 24 November 2021 dihadiri oleh 30 orang yang keseluruhannya berasal dari RW.12. “Tentunya tetap melaksanakan kegiatan dengan menjaga protokol kesehatan,” ujarnya.

Farhan menyampaikan, pemeriksaan yang dilakukan pada Posbindu dan Posyandu Lansia adalah screening, pengukuran berat badan, pengukuran tinggi badan, tensi darah, gula darah, dan konsultasi dengan dokter tanpa dipungut biaya sepeserpun.

“Sedangkan untuk Posyandu balita diadakan pengukuran berat badan, tinggi badan, pengamatan Kartu Ibu dan Anak (KIA) dan Kartu Menuju sehat (KMS Balita),” ungkapnya. (*)

BERITA REKOMENDASI