KKN UAD Laksanakan Program Gerakan Lorong Sayur di Blunyahrejo

Editor: Ivan Aditya

YOGYA,KRJOGJA.com – Mahasiswa Unit I.A.2 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 75 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, melaksanakan program Gerakan Lorong Sayur di Joglo Kinasih, Kampung Blunyahrejo, Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta, Minggu (5/12/2021) dan Jumat (17/12/2021) lalu.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Agung Putra Azis selaku Ketua Unit I.A.2 KKN UAD bersama teman-teman kelompoknya yakni Isna Hafidz, Agung Budi Sunarto, Hilya Puspita, Isna Melati, Rahmania Fajrini, Tania Septiawati Rahayu, Nada Mufida, dan Nadia Wulandari.

Agung menuturkan, gerakan lorong sayur tersebut diikuti seluruh anggota KKN Unit I.A.2 dan RW.04 oleh masing-masing perwakilan dari RT.12, 13, dan 14 yang dengan antusias turut serta untuk menyukseskan program ini.

“Kegiatan lorong sayur tersebut di jalankan karena banyaknya ketertarikan warga sekitar kepada tanaman, sekaligus dapat membantu kebutuhan pangan khususnya dapur rumah tangga. Dan, program ini tidak bersifat sementara melainkan bersifat jangka panjang untuk kebutuhan masyarakat setempat,” ujarnya.

Agung menjelaskan, program gerakan lorong sayur melakukan pengenalan alat, bahan, cara penakaran tanah dan pupuk, media tanam gantung, dan pemaparan jenis-jenis tanaman.

Adapun jenis tanaman yang ditanam tersebut yakni sawi caisin, sawi pakcoy, sawi pagoda, wortel, tomat golden, bayam bubut, kangkung, kemangi, sereh, kunyit, jahe, dan kencur.

“Tanaman sayur dan rimpang jamu tersebut ditanam dengan media tanah, sekam, campuran fermentasi pupuk kandang dan kompos. Media tanam yang dibagikan berdasarkan RT yakni wall planter, polybag dan pot gantung,” urainya.

Agung menyampaikan, acara tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat baik dengan verbal maupun dari antusias semangat warga dalam program lorong sayur.

“Setelah tanaman sudah ditanam di media tanam maka diserahkan untuk di pasang pada masing-masing RT,” imbuhnya.

Titik lokasi penanaman, kata Agung, yakni belakang balai RW.04 di wilayah RT.14, tikungan joglo kinasih wilayah RT.13, dan lorong jalan sisi utara wilayah RT.12.

“Program didesain agar warga dapat menyalurkan hobi bercocok tanam dengan ketersediaan lahan yang minim dan hasil dari program lorong sayur tersebut dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar,” ungkapnya.

Mahasiswa KKN Alternatif 75 Unit I.A.2 UAD mengharapkan, masyarakat Blunyahrejo, Rw 04, khususnya di Rt 12, 13 dan 14 agar dapat merawat tanaman dan dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga menjadi contoh untuk masyarakat yang lain. (*)

BERITA REKOMENDASI