KKN UAD Selenggarakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Cek kesehatan gratis di selenggarakan oleh KKN Alternatif 75 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Unit III.B.2 dengan bimbingan Erni Gustina, S.KM., M.PH sebagai Dosen Pembimbing Lapangan. Kegiatan dilaksanakan di Balai RW, Kampung Tegal Kemuning, Kalurahan Tegal Panggung, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta, Minggu (28/11/2021).

“Cek kesehatan tersebut meliputi tiga RW yakni RW 08, 09 dan 10 dengan sasaran 100 orang lansia,” ujar Muhammad Yanuardi Fitra Saputra selaku Ketua Unit III.B.2 KKN UAD.

Yanuardi menuturkan, cek kesehatan gratis tersebut bekerja sama dengan KSR PMI UAD Unit X dan mahasiswa KKN Unit III.B.2 yang berlokasi di Masjid Al-Bahrawi Kampung Tegal Kemuning yang berlangsung sejak 25 November hingga 24 Desember 2021. “Cek Kesehatan tersebut meliputi pemeriksaan tekanan darah, gula darah dan asam urat,” ungkapnya.

Tjuuk Prijantoro selaku Ketua RW 09 mengatakan, warga sangat antusias dan senang dengan diadakannya cek kesehatan gratis ini, karena di masa saat ini kesehatan merupakan hal penting yang menjadi perhatian.

Selanjutnya, Tjuuk sebagai perwakilan warga Kampung Tegal Kemuning sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada mahasiswa KKN UAD Unit III.B.2 yang telah sukses menyelenggarakan acara tersebut.

“Kami berharap kedepannya masih ada mahasiswa UAD yang melaksanakan KKN di Kampung Tegal Kemuning dan melanjutkan kegiatan cek kesehatan gratis dengan menambahkan pemeriksaan yang lebih lengkap,” imbuhnya.

Cek kesehatan gratis ini, kata Yanuardi, merupakan satu dari beberapa program kerja tematik mahasiswa KKN UAD Unit III.B.2. Beberapa program kerja tematik lainnya seperti pendataan jamaah, pengembangan UMKM berupa jajanan pasar masyarakat Kampung Tegal Kemuning.

UMKM tersebut, lanjut Yanuardi, dipromosikan melalui instagram @kulinertegalkemuning dan dapat juga menerima pesanan partai besar dan partai kecil. “Program kerja tematik lainnya berupa penghijauan taman, pengajian akbar serta edukasi kesehatan kepada masyarakat,” urainya. (*)

BERITA REKOMENDASI