KSR Unit III UPNVY, Cetak Relawan Tangguh Ditengah Pandemi

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Korps Suka Rela (KSR) Unit III Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta (UPNVY) bertekad mencetak relawan-relawan tangguh yang siap diterjunkan dalam medan serta kondisi apapun. Berbagai misi kemanusiaan telah dijalani korps ini sehingga kiprahnya tak diragukan lagi di tengah masyarakat.

KSR merupakan salah satu UKM Bela Negara di UPNVY. Selama ini KSR bergerak di bawah naungan PMI sebagai organisasi perhimpunan nasional di tanah air yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan.

“UKM KSR PMI Unit III diharapkan bisa terus mencetak relawan-relawan yang berkualitas,” kata Komandan KSR PMI Unit III, Hamka Satria yang juga mahasiswa Jurusan Teknik Informatika UPNVY tersebut di kampus setempat, Senin (23/11/2020).

Ia mengatakan ruang lingkup tak hanya di dalam kampus, namun juga lingkup PMI. Walau telah berganti generasi, namun korps ini tetap eksis dan selalu melaksanakan berbagai kegiatan kemanusiaan hingga saat ini.

“Diharapkan KSR PMI Unit III bisa tetap eksis dan aktif berkontribusi dalam kegiatan di dalam lingkungan kampus UPNVY maupun di lingkup PMI. Kedepan KSR juga mampu harus lebih kreatif, maju dan adaptable sesuai perkembangan zaman,” jelasnya didampingi Wakil Komandan KSR PMI Unit III, Meiliani Vika Diantari.

KSR PMI Unit III pada tahun ini merayakan dies natalis ke-37 dimana puncak kegiatan telah dilaksanakan di Gedung UKM, Sabtu (21/11/2020). Perayaan puncak diisi dengan pemotongan tumpeng serta temu kangen yang digelar secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Karena merayakan dalam masa pandemi, seluruh rangkaian dies natalis dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan 3M + 1 T. Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta tidak berkerumun.

“Dalam rangkaian acara renungan setiap tamu undangan baik secara offline maupun online mematikan pencahayaan di sekitarnya dan menghidupkan lilin sebagai sumber pencahayaan utama. Selanjutnya pemotongan tumpeng dilakukan oleh Komandan KSR PMI Unit III dan diberikan kepada Anggota Istimewa yaitu Nunuk Dwi Lestari yang merupakan salah satu alumni KSR yang saat ini bekerja di Petrotech Jakarta,” ungkap Ketua Panitia Dies Natalis KSR PMI Unit III ke-37, Bariq Jauhar yang juga mahasiswa Teknik Informatika UPNVY.

Menurut Bariq Jauhar, pemberian potongan tumpeng ini sebagai wujud apresiasi pada anggota istimewa yang selalu memberi dukungan dalam setiap program kerja KSR PMI Unit III. “Pada rangkaian acara sarasehan dan temu kangen, tamu undangan yang menghadiri acara secara online maupun offline saling berbagi cerita pengalaman dan memberikan pesan-pesan penting untuk anggota dan pengurus KSR PMI Unit III,” imbuhnya.

Pesan-pesan penting disampaikan diantaranya oleh Anggota Istimewa Dr Sigit Rahardjo yang merupakan Presiden Direktur PT Pertamina, Anggota Istimewa Kuriadi Law General Manager PT SPM Tangerang Selatan, Anggota Istimewa Tjahjo Adi Bawono ESDM Jawa Timur, Anggota Istimewa Dr Herlina Jayadianti dan Arif Rianto Budi Nugroho ST MSi yang merupakan dosen di UPNVY. Ada pula Anggota Istimewa Tulus Yunanto ST MPd MSi yang merupakan dosen FKIP Pendidikan Kimia Universitas Tanjungpura Pontianak, Anggota Istimewa Heri Handono dan masih banyak lagi anggota istimewa yang memberikan pesan penting kepada pengurus dan anggota KSR PMI Unit III.

Sebagai selingan, lanjut Bariq Jauhar, ditampilkan juga performance dari panitia. Selain perayaan, KSR PMI Unit III juga akan mengadakan webinar kebencanaan sebagai salah satu rangkain acara dalam dies natalis ini.

“Webinar kebencanaan akan dilakukan pada 28 November 2020 dengan pengisi materi dari Ketua Pelaksana BPBD DIY Drs Biwara Yuswantana MSi dan Kepala PMI DIY Arif Rianto Budi Nugroho ST MSi yang juga merupakan anggota istimewa KSR PMI Unit III,” terang Bariq Jauhar. (Van)

BERITA REKOMENDASI