LAV Gallery Hadirkan Ruang Berkreasi Seniman Konteporer

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Ruang berkreasi bagi para seniman di Yogya kian terbuka dengan diluncurkannya LAV Gallery. Seniman dapat memanfaatkan galeri ini untuk memajang karya-karya terbaiknya untuk dinikmati publik. LAV Gallery juga menjalin kerjasama dengan pada seniman manca sehingga karya-karya kreatif dari Yogya dapat dikenalkan hingga luar negeri.

LAV Gallery terletak di Jalan DI Panjaitan Yogyakarta. Galeri ruang kreatif ini didirikan oleh Citra Pratiwi sebagai bagian dari kecintaannya dengan dunia seni khususnya kontemporer.

“LAV merupakan sebuah singkatan dari ‘Love in Art foreVer’. Sebagai ruang kreatif, LAV memfasilitasi program pameran seni rupa, program pertunjukan seni kontemporer lintas disiplin dan ruang diskusi seni budaya,” kata Citra Pratiwi disela peluncuran LAV Gallery, Kamis (28/07/2022).

Ia mengatakan LAV Gallery hadir sebagai sebuah ruang untuk mengembangkan seni rupa kontemporer di Yogya. Khususnya bagi seniman-seniman muda sekaligus sebagai ruang kreatif bagi perkembangan seni dan budaya di kota ini.

Citra Pratiwi menambahkan tim pengelola LAV Gallery sendiri merupakan orang-orang yang sudah berpengalaman di dalam dunia seni rupa, sebagai tim manajemen sebelumnya mereka dikenal sebagai Langgeng Art Space. LAV Gallery dilengkapi dengan ruang pamer berbentuk arsitektur white cube dengan ukuran 12 x 7 meter persegi berfasilitas mumpuni.

Di dalam gedung LAV Gallery terdapat sebuah coffee shop dan art corner shop yang memfasilitasi produk kopi artisan lokal Yogyakarta. Selain itu juga ada produk merchandise dan craft dari seniman itu sendiri.

Manajer LAV Gallery, Binti WA menambahkan pemeran bertajuk Borderless Space menandai peluncuran galeri ini. Sebagai program pertama LAV Gallery berkolaborasi dengan Super Duper Gallery Philippine dan Selatan Klub Art Collective menghadirkan pameran internasional yang diikuti 10 seniman muda yang berasal dari Indonesia, Philipinedan New Zealand.

“Borderless Space merupakan pameran yang mengajak audiens memasuki pandangan seniman muda mengenai pandangannya mengenai seni visual di saat sekarang. Pameran digelar mulai 16 Juli 2022 sampai 16 Agustus 2022 mednatang,” jelasnya.

Para seniman yang menampilkan karyanya di LAV Gallery yakni Andi Acho Mallaena, I Made Surya Subratha, Mira El Amir, Wisnu Aji Kumara, Yula Setyowidi dan Rawraw dari Indonesia. Ada pula Anton Jellyfish Kisses Belardo, Jessa Amirol serta Two Front Teeth dari Filipina dan Krismarliyanti dari Selandia Baru. (*)

BERITA REKOMENDASI