LBH Sembada Jalin Kerjasama dengan Lapas Cebongan

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sembada menjalin kerjasama dengan Lapas Kelas II B Sleman (Lapas Cebongan), Rabu (22/12/2021). Kerjasama tersebut dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman yang ditandatangani Kalapas Kelas II B Sleman Kusnan dan Direktur LBH Sembada Henrikus Indhayana Yudha Prasetya SH.

Seperti disampaikan Ketua Pembina sekaligus Pendiri LBH Sembada, Sapto Nugroho Wusono SH MH kerjasama ini merupakan penguatan atas nota kesepahaman sebelumnya. Selama dua tahun LBH Sembada telah menjalin kerjasama dengan Lapas Kelas II B Sleman dengan berbagai program yang dilakukannya.

“Ini melanjutkan kerjasama dengan pihak Lapas. Intinya kami saling menguatkan sesuai dengan bidang kerja masing-masing untuk kepentingan masyarakat,” kata Sapto disela penandatanganan nota kesepahaman yang dilaksanakan di aula lapas setempat.

Berbagai program yang dilaksanakan yakni pendampingan hukum bagi warga binaan, pendampingan psikologi dan juga penyuluhan terkait hukum. Selain itu LBH Sembada juga memberikan pelatihan wirausaha agar nantinya para warga binaan dapat tetap produktif setelah keluar dari lapas.

“Harapannya, apa yang kami lakukan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi warga binaan. Sehingga saat keluar nanti mereka telah benar-benar paham akan hukum sehingga tak mengulangi perbuatannya, serta ilmu keterampilan yang diperoleh dapat bermanfaat bagi kehidupan mereka,” jelasnya.

Direktur LBH Sembada Henrikus Indhayana Yudha Prasetya SH menambahkan selain di Lapas Kelas II B Sleman ini nantinya kerjasama juga akan dilakukan di lapas lain wilayah DIY. Menurutnya warga binaan harus terus diberdayakan karena mereka merupakan bagian dari masyarakat yang nantinya akan kembali di tengah-tengah warga.

Sementara Kalapas KElas II B Sleman, Kusnan mengapresiasi apa yang dilakuakn LBH Sembada. Dengan adanya program pendampingan, penyuluhan dan pelatihan maka jajarannya cukup terbantu sehingga warga binaan mendapatkan pencerahan.

“Kerjasama antara kami dan LBH Sembada selama ini berjalan dengan baik. Dengan penandatanganan ini diharapkan kedepan akan lebih baik dan maju lagi sehingga hasil yang dirasakan dapat lebih nyata dirasakan warga binaan,” jelasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI