LCY Centennial Gandeng Leo Millenial Bagikan Sembako Bagi Masyarakat Kawasan Malioboro

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Lions Club Yogyakarta (LCY) Centennial bersama Leo Millenial melakukan aksi sosial di kawasan Malioboro tepatnya di Jalan Pasar Kembang Yogyakarta, Minggu (01/08/2021). Dalam kegiatan ini paket sembako dibagikan kepada para pengemudi becak, petugas parkir, pengemudi ojek, kusir andong, pedagang dan masyarakat sekitar Malioboro.

Ketua Daerah 3C Distrik 307B2 Indonesia, Triniken Tyas Tirlin memengatakan kegiatan sosial ini merupakan satu dari lima program wajib yang harus dilaksanakan. Lima agenda wajib LCY tersebut yakni pemberian bantuan makanan kepada masyarakat, bantuan terhadap penderita kanker, pemeriksaan diabetes, pengobatan mata dan kebersihan lingkungan.

“Lima agenda tersebut wajib dilaksanakan. Apalagi di tengah masa pandemi seperti saat ini maka perhatian dan uluran tangan masyarkat sangat berarti bagi sesama,” kata Triniken disela pembagian sembako di depan Hotel Neo Jalan Pasar Kembang Yogyakarta.

Sebagai ketua daerah yang membawahi empat LCY masing-masing Sekar Kedaton, Centennial, Roro Jongrang, Magelang Tarun maka Triniken memiliki tanggungjawab untuk memantau jalannya program-program yang dilakukan. Dengan demikian maka nantinya program sosial dilakukan dapat tetap sasaran dan bermanfaat bagi sesama yang membutuhkan.

Presiden LCY Centennial, Januarti Majeeda Soeharto menambahkan kegiatan pembagian sembako kepada masyarakat ini merupakan program pertama yang dilakukan para pengurus periode 2021/2022. Usai dilantik bulan lalu, LCY Centennial langsung melakukan gebrakan dengan melakukan koordiansi untuk segera melaksanakan program-program yang telah ditentukan.

“Kami gerak cepat untuk dalam melakukan tugas yang pertama ini. Berkat dukungan semua pihak akhirnya kegiatan ini dapat terwujud dalam upaya kami membantu masyarakat yang membutuhkan,” kata Januarti yang akrab disapa Nunoek didampingi Project Officer (PO) LCY Centennial, Nelly Novita.

Ia mengatakan dipilihnya kawasan Jalan Pasar Kembang sebagai titik lokasi pemberian bantuan karena letaknya yang tak begitu jauh dengan Malioboro. Sejak Malioboro ditutup awal diterapkannya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kebijakan Masyarakat (PPKM), praktis aktivitas ekonomi masyarakat yang mencari nafkah di kawasan itu terhenti.

“Diharapkan masyarakat yang biasanya beraktivitas ekonomi di Malioboro dapat mengambil bantuan di sini sehingga tidak terlalu jauh. Karena Malioboro masih ditutup, jadi tidak mungkin bagi kami melaksanakan kegiatan sosial di sana,” imbuhnya.

Dalam kegiatan ini LCY Centennial juga mengandeng Leo Millenial, salah satu Lions Club yang beranggotakan para remaja usia pelajar. Dilibatkannya para anggota Leo Millenial dalam kegiatan ini agar mereka memiliki kepekaan sedari dini untuk selalu peduli kepada masyarakat yang membutuhkan.

Vice president Leo Millenial, Zahra Cinta mengatakan paket sembako yang diberikan diantaranya 200 kg beras, 15 dos mie instan, 100 kepasan minyak goring, 100 botol kecap dan 100 bugkus nugget Hato. Bantuan yang diberikan terdiri 100 paket sembako dan diserahkan kepada masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Selain di sini, bantuan juga diberikan di kasawan Gondomanan tepatnya di sekitar Taman Budaya Yogyakatya (TBY). Di sana juga banyak terdapat masyarakat yang terdampak Covid-19 secara ekonomi sehingga lokasi tersebut kami pilih sebagai tempat pembagian sembako,” kata Zahra bersama PO Leo Millenial, Eugenia Parama Sindu Mahayasi. (*)

BERITA REKOMENDASI