Libur Ramadhan, Okupansi Hotel Capai 90 Persen

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Okupansi hotel mulai terlihat meningat jelang Lebaran. Para tamu berdatangan di kota ini untuk merayakan libur panjang Lebaran tahun ini. Kebijakan pemerintah soal mudik dan membaiknya trend Covid-19 diperkirakan berpengaruh pada tingginya okupansi hotel di Yogya.

Seperti dikatakan General Manager Jambuluwuk Malioboro Hotel, George Edwin Anatoni para tamu sudah mulai melakukan reservasi sejak jauh hari. Awal April pemesanan kamar telah ramai dilakukan hingga jelang akhir Ramadhan ini.

“Okupansi awal bulan nanti hingga 90 persen. Pemesanan telah dilakukan sejak minggu awal bulan April antara tanggal 1 – 8,” ungkap George Edwin Anatoni disela buka besama anak yatim dan para nenarik becak yang dilakukan manajemen Jambuluwuk Malioboro Hotel, Kamis (28/04/2022).

George Edwin Anatoni mengatakan mulai meningkatnya okupansi ini karena adanya kebijakan pemerintah soal mudik dan mulai adanya pelonggaran pembatasan masa pandemi. Terus membaiknya kasus Covid-19 di tanah air juga memberikan kepercayaan masyarakat untuk kembali memulai aktivitasnya, termasuk dalam kegiatan berlibur.

“Puncak okupansi ada pada Lebaran kedua. Sebelumnya trendnya memang terus meningkat,” katanya didampingi Director of Seles Jambuluwuk Malioboro Hotel, Silvia Herliana.

Dalam kondisi hari biasa sebelum Ramadhan, jumlah kunjungan tamu juga mulai ada peningkatan dan berada di angka 70 persen. Ini menurutnya menjadi pertanda baik akan pulihnya kembali kondisi pariwisata maupun perhotelan di tengan masa pandemi.

Para tamu masih didominasi dari wilayah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah danJawa Timur. Yogyakarta sebagai kota wisata menurutnya masih menjadi magnet kuat untuk dapat menarik wisatawan berkunjung ke daerah ini.

Dalam bulan Ramadhan ini manajemen Jambuluwuk Malioboro Hotel mengadakan buka bersama anak-anak panti asuhan Al Falah Yogyakarta dan Sasana Kreatif Mandiri. Kegiatan ini menurutnya menjadi agenda rutin yang dilakukan pihak manajemen hotel setiap akhir bulan Ramadhan. (*)

BERITA REKOMENDASI