LIDA 2021 Pertemukan 70 Talenta Dangdut Tanah Air

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2021 kembali hadir di Indosiar. Pada tahun ini kompetisi dangdut terbesar di tanah air tersebut akan mempertemukan 70 talenta muda berbakat yang siap bertarung untuk menjadi nomor satu. Hadiah yang diperebutkan dalam ajang pencarian bakat penyanyi dangdut itu total mencapai Rp 1 miliar.

Ajang LIDA 2021 akan dibuka dengan Konser Bhinneka Tunggal Ika yang disiarkan secara live di Indosiar, Minggu, (14/03/2021) pukul 20.30 WIB. Gelaran memperkenalkan 70 peserta hasil audisi perwakilan dari 34 provinsi ini bakal diisi persembahan lagu dari para juri maupun penyanyi-penyanyi jebolan LIDA.

Karena banyaknya peserta yang akan berkompetisi maka para kontestan nantinya dibagi menjadi dua tim yakni Merah dan Putih. Soimah, Inul Daratista, Nassar, Dewi Perssik, Zaskia Gotik, Rita Sugiarto dan Nita Thalia akan bertugas sebagai juri di Tim Merah sedangkan juri di Tim Putih akan hadir bintang jebolan ajang pencarian bakat Indosiar diantaranya Lesti DA, Fildan DA, Reza DA serta Weni DA.

Konser Top 70 Grup dimulai Senin (15/03/2021) pukul 20.30 WIB dengan mempertemukan kontestan Tim Mereh, sedangkan Tim Putih akan bertarung keesokan harinya pada jam yang sama. Pemirsa Indosiar akan dimanjakan dengan kehadiran Rara LIDA, Jirayut DAA, Irfan Hakim, Ramzi, Gilang Dirga, Arafah SUCA sebagai pembawa acara bersama Ruben Onsu.

Direktur Programming Surya Citra Media (SCM), Harsiwi Achmad menjelaskan jumlah peserta audisi LIDA 2021 meningkat dibandingkan audisi-audisi tahun sebelumnya. Audisi yang dilakukan secara online ternyata mampu menjangkau peserta dari daerah-daerah yang sebelumnya tidak terjamah seperti Pulau Pisau (Kalimantan Tengah), Parigi Moutong (Sulawesi Tengah), Bolaang Mongondow Selatan (Sulawesi Utara), Kepulauan Meranti (Riau), Labuhanbatu Selatan (Sumatera Utara) dan lainnya.

“Tidak hanya itu, peserta audisi online LIDA 2021 pun diikuti oleh berbagai profesi seperti pelajar, security, muadzin, penyanyi panggung, pelayan, guru, hingga dokter. Kesemuanya menunjukkan bakat dangdut terbaik dan tidak menyurutkan semangat untuk mengikuti audisi online LIDA 2021 di tengah kondisi pandemi,” kata Harsiwi Achmad saat ‘press conference LIDA 2021’ yang digelar secara virtual, Jumat (12/03/2021).

Keberhasilan audisi semakin dibuktikan dengan hadirnya peserta-peserta dari kalangan usia-usia belia. Tak hanya sekedar kemampuan vokal saja, penguasaan lagu para kontestan juga terbilang mumpuni yang dibuktikan dengan mampu membawakan aneka tembang dangdut dengan tingkat kesulitan tinggi.

“Ini artinya musik dangdut sudah diterima berbagai kalangan, termasuk kalangan muda. Harapannya dari LIDA tahun ini akan muncul penyanyi dangdut yang berkualitas dan siap terjun di industri musik tanah air,” katanya.

Pedangdut senior sekaligus dewan juri, Rita Sugiarto mengatakan suara merdu dan cengkok bagus saja belum cukup bagi peserta dalam LIDA 2021. Para kontestan dituntut punya kelebihan lain agar memiliki nilai lebih di mata dewan juri maupun pemirsa yang nantinya akan memberikan dukungannya.

“Jika ada peserta sama-sama bagus dalam hal vokal, maka kelebihan yang bakal jadi pembeda. Kelebihan itulah menjadi pertimbangan dalam penilaian dewan juri nantinya,” kata Rita Sugiharto.

Hal yang sama juga diutarakan Soimah. Ia mengatakan, pemenang LIDA tahun ini harus berbeda dengan sebelumnya. Juara LIDA nantinya tak hanya akan menggeluti dunia dangdut saja, namun bisa berkiprah bidang dunia hiburan lain seperti menjadi seorang host, pemain film maupun sinetron, bahkan sebagai penyanyi dengan genre lain.

Sementara itu salah seorang kontestan perwakilan dari DIY, Anting Renowindari Widodo merasa bangga bisa terpilih tampil dalam panggung semegah LIDA. Gadis asli Bantul tersebut tak menyangka, dirinya yang keseharian sebagi pesinden Jawa ini memiliki kesempatan untuk bertemu dan bertarung menghadapi peserta-peserta dari seluruh tanah air.

“Senang dan tidak menyangka, ternyata sinden juga dapat lolos dalam lomba dangdut seperti ini. Anting akan menampilkan yang terbaik dan berjanji membuat bangga keluarga dan daerah,” katanya. (Van)

BERITA REKOMENDASI