Mahasiswa KKN Alternatif 75 UAD Manfaatkan Lahan Kritis Sebagai Media Tanam

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemanfaatan Lahan Kritis sebagai Media Tanam berlangsung di lingkungan RT.47 RW.10, Wirobrajan, Yogyakarta. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Tim KKN Alternatif 75 UAD Divisi/Kelompok/Unit V.C.3, di bawah bimbingan Dosen Siti Kurnia Widi Hastuti, S.KM., M.Ph.

Tim KKN UAD beranggotakan Leon (Teknik Kimia UAD), Syarif (Ekonomi Pembangunan UAD), Elin (Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia UAD), Hamidiyah (Psikologi UAD), Tunia (Ilmu Hukum UAD), Risangayu (Biologi UAD), Rini (Pendidikan Biologi UAD), Dimas (Pendidikan Agama Islam UAD), dan Vika (Pendidikan Agama Islam UAD). Mereka melakukan gotong royong dengan masyarakat sekitar, untuk memanfaatkan lahan kritis sebagai media tanam.

“Program ini kami selenggarakan, sebagai upaya menciptakan kemandirian pangan masyarakat sekitar. Mengingat adanya lonjakan harga bahan pangan, yang disebabkan oleh Pandemi,” ujar Syarif di Masjid Al-Fatah Polsek Wirobrajan, Kamis (09/12/2021).

Pemanfaatan lahan kritis sebagai media tanam ini, kata Syarif, dilaksanakan dalam rangka mendukung program Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mengenalkan konsep urban farming pada masyarakat. Selain itu, program ini juga menjadi momentum kolaborasi antara mahasiswa dengan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang sehat.

“Selain pemanfaatan lahan kritis untuk ketahanan pangan harapannya juga dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarga ataupun masyarakat,” ungkap Siti Kurnia Widi Hastuti selaku dosen pembimbing lapangan.

Selanjutnya, Hamidiyah menuturkan, keberadaan program ini mampu meningkatkan antusiasme dan semangat bergotong royong masyarakat sekitar. Semangat gotong royong, lanjut Hamidiyah, akan menciptakan lingkungan yang harmonis. Terlebih lagi, di masa krisis seperti ini, sesama individu harus saling tolong menolong.

“Program ini mampu meningkatkan interaksi sosial antar warga, sehingga mampu mengurangi tingkat stress masyarakat saat Pandemi. Kondisi ini (interaksi), dapat meningkatkan imunitas masyarakat,” imbuh Hamidiyah.

Sementara itu, Leon selaku Ketua Unit V.C.3 KKN UAD menyampaikan, Pemanfaatan Lahan Kritis Sebagai Media Tanam hanya salah satu program. Ada program lain yang juga dilaksanakan.

“Seperti melakukan pelatihan digital marketing bagi pelaku UMKM, melakukan sosialisasi pada masyarakat terkait pentingnya meningkatkan imunitas di masa pandemi, serta melakukan senam pagi bersama masyarakat untuk menjaga kebugaran tubuh,” urai Leon. (*)

BERITA REKOMENDASI