Mahasiswa UAD Dorong Percepatan Adaptasi Teknologi Melalui Pelatihan Aplikasi AKSI Sekolah

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mendorong percepatan adaptasi teknologi melalui Pelatihan Aplikasi Microsoft Word dan Aplikasi Assesment Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Sekolah yang dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta.

Kegiatan diadakan pada hari Rabu 24 November 2021 dan Jumat 26 November 2021, diikuti oleh siswa kelas 4 untuk aplikasi microsoft word dan siswa kelas 5 untuk aplikasi aksi.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Ditjen Dikti Kemendikbudristek RI) yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Kampus Merdeka memiliki beberapa program , salah satunya yaitu Kampus Mengajar.

Melalui salah satu program Kampus Mengajar Angkatan 2 , sebanyak 447 mahasiswa UAD terpilih untuk ikut andil dalam kegiatan Kampus Mengajar angkatan 2.

Dari 477 mahasiswa UAD yang mengikuti program Kampus Mengajar angkatan 2, ada yang berkesempatan untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan penempatan di SD 1 Negeri Parangtritis yang terletak di Desa Grogol VIII, Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta. Yaitu Inas Alya Rigisa dan Salsabila Aristiani Ma’rifah dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UAD, dan Adela Ratnasari dan Oktavia Devi Prihartanti dari Prodi Pendidikan Matematika UAD.

Keempat mahasiswa UAD tersebut melaksanakan program Kampus Mengajar Angkatan 2 selama kurang lebih satu semester yang dimulai dari awal bulan Agustus 2021 hingga pertengahan bulan Desember 2021 .

Dalam mengemban amanah dari Kemendikbudristek, mahasiswa mendapatkan rekognisi sebanyak 20 SKS, salah satunya yaitu KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Melalui program Kampus Mengajar, keempat mahasiswa tersebut menyelanggarakan beberapa program untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang mengarah pada abad pengetahuan.

Salah satu program yang diselenggarakan oleh mahasiswa tersebut yaitu adaptasi teknologi berupa pelatihan Microsoft Word dan aplikasi AKSI SD.

Adaptasi teknologi sangat dibutuhkan oleh siswa sebagai bekal siswa menuju era masyarakat informasi atau masyarakat ilmu pengetahuan.

Teknologi menjadi salah satu alternatif sumber belajar tanpa batas ruang dan waktu.

Dampak perkembangan teknologi mengubah pembelajaran tradisional ke arah pembelajaran masa depan yang disebut sebagai pembelajaran abad pengetahuan.

“Hasil wawancara dengan siswa dapat disimpulkan bahwa sebagian besar dari mereka sudah pernah mencoba mengoperasikan komputer, namun tidak dilaksanakan secara berkala mengingat adanya pandemi Covid-19 menyebabkan kurangnya praktek siswa di sekolah dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, penggunaan aplikasi AKSI Sekolah Dasar merupakan pengalaman baru bagi mereka saat ini,” ujar Inas Alya Rigisa mahasiswa Program Studi PGSD UAD.

Mahasiswa UAD memberikan progam pelatihan adaptasi teknologi berupa penggunaan Microsoft Word dan Aplikasi AKSI Sekolah Dasar kepada siswa kelas IV dan V SD 1 Negeri Parangtritis, Rabu 24 November 2021 lalu.

Pelatihan bertujuan memberikan bekal kepada siswa menghadapi abad pengetahuan yang menuntut mereka selalu melakukan pembaharuan tentang metode pembelajaran yang semakin kreatif dan efektif yang berbasis multimedia.

Pelaksanaan pelatihan percepatan adaptasi teknologi ini tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan membagi siswa kelas ke dalam beberapa kelompok kecil serta terbatasnya ketersediaan perangkat yang digunakan.

“Pada pelatihan ini siswa kelas IV dikenalkan tentang Microsoft Word, mengenai fungsi Microsoft Wordz pengenalan tombol-tombol dan fungsi pada tool bar. Setelah mengenalkan tombol dan fungsi ikon tool bar, siswa diarahkan untuk praktek menulis nama masing-masing siswa pada halaman kosong. Kegiatan selanjutnya siswa menerapkan penggunaan beberapa tombol yang sudah dikenalkan. Kegiatan pelatihan dilaksanakan setelah siswa melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM),” ungkap Adela Ratnasari mahasiswi Program Studi Matematika UAD.

Selain mengadakan pelatihan Microsoft Word pada siswa kelas IV, siswa kelas V juga berkesempatan untuk mencoba menggunakan aplikasi AKSI Sekolah guna menentukan capaian kompentensi berupa modul assesmen literasi dan numerasi.

Aplikasi AKSI Sekolah digunakan dalam kegiatan asessmen guru guna mempermudah menyusun pembelajaran yang efektif bagi siswa.

Diakhir kegiatan pelatihan, mahasiswa memberikan kuis terkait materi pelatihan yang telah diberikan.

Setiap siswa yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan oleh mahasiswa, mendapatkan apresiasi berupa hadiah yang menarik.

Melalui kegiatan ini diharapkan siswa SD Negeri 1 Parangtritis dapat mengikuti pembelajaran abad 21 yang menuntut siswa memiliki kecakapan memanfaatkan teknologi modern.

Salah satunya yaitu tools for working yang menuntut siswa harus memiliki dan menguasai alat untuk bekerja. Penguasaan terhadap information dan communications technology (ICT) and information literacy merupakan keharusan. (*)

BERITA REKOMENDASI