Mahasiswa Yapen Waropen Papua di Yogya Kibarkan Merah Purih di Depan Asrama

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Puluhan mahasiswa Yapen Waropen Papua di Yogya mengibarkan bendera merah putih di depan asrama, Jumat (14/08/2021). Pengibaran ini dalam rangka memperingati HUT ke-76 dan menunjukkan kecintaan dan kesetiaan para mahasiswa Yapen Waropen terhadap NKRI.

Ketua Asrama Mahasiswa Yapen Waropen, Jack Rematoby menegaskan pengibaran merah putih ini merupakan inisiatif dari mereka sendiri. Pengibaran ini rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk semangat nasionalisme dari para mahasiswa.

“Kami mahasiswa Papua yang ada di Yogya khususnya dari Yapen Waropen menyadari bahwa kami merupakan bagian dari NKRI. Saat ini kami juga ikut turut andil untuk menyemarakkan peringatan HUT RI ke-76 dalam situasi pandemi. Hanya ini yang baru bisa kita lakukan bersama sama warga lingkungan sekitar asrama,” kata Jack Rematoby.

Jack Rematoby mengungkapkan, mahasiswa Yaopen Waropen tetap cinta terhadap NKRI dan tak terpengaruh dengan kondisi di Papua. Ia menegaskan Papua sampai kapanpun bagian dari Indonesia, sehingga NKRI merupakan harga mati bagi mereka.

Jack Rematoby menyadari mahasiswa Papua di Yogya belum semua melakukan dan memiliki prinsip seperti ia dan teman-temannya. Oleh karena itu ia mengajak para mahasiswa lain untuk selalu mencintai Papua. Jika mereka mencintai akan Bumi Cenderawasih maka mereka akan cinta Indonesia, karena Papua bagian dari NKRI.

“Kami sebagai mahasiswa Papua menyadari masih ada sebagian dari teman-teman mahasiswa yang berasal dari Papua ada berpendapat dan berpikiran lain dengan kami, bahkan menentang dengan apa yang kami lakukan saat ini. Namun kami akan tetap pada prinsip kami bahwa kami mahasiswa Papua yang berada di asrama ini merupakan bagian dari NKRI,” tegasnya.

Tak hanya bendera merah putih, para mahasiswa juga memasang umbul-umbul untuk memeriahkan penyambutan peringatan hari kemerdekaan. Puluhan mahasiswa dalam kegiatan ini berbaur dengan masyarakat sekitar dan bergotongroyong bersama. (*)

BERITA REKOMENDASI