Martanti Siap Kuasai Panggung Debat Pilkada

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Debat lanjutan Pilkada Kabupaten Gunungkidul akan digelar tanggal 3 November di Studio TVRI Yogyakarta. Kali ini debat menghadirkan para Calon Wakil Bupati dengan tema Tata Kelola Pemerintahan, Hukum dan Demokrasi.

Salah satu kontestan nomor urut 2, Martanti Soenar Dewi mengaku siap tampil maksimal. Bagi Martanti, tema debat kali ini bukan hal yang baru. Apalagi ia aktif berdiskusi dengan Cabup Immawan yang berpengalaman 10 tahun sebagai Wakil Bupati. Pelaksanaan debat nanti menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk membuktikan gagasannya, yakni keberpihakan pada kemanusiaan.

“Saya akan ulas dengan argumentasi yang konstruktif, berbasis data dan berdasarkan kondisi riil di lapangan. Intinya, ketiga pembahasan itu harus berpihak pada kepentingan kemanusiaan,” kata Martanti di sela acara tanam padi bersama Kelompok Tani Gayam Rejo di Dusun Sawahan Bleberan Playen, Senin (02/11/2020).

Menurutnya penguasaan materi penting, tetapi lebih penting menyusun gagasan yang implementatif. Misalnya dalam hal tata kelola pemerintahan. Ia akan mendorong konsep birokrasi yang melayani.

“Dalam tata kelola pemerintahan, saya akan urai bagaimana birokrasi itu hadir untuk melayani, bukan membebani. Baik itu pelayanan maupun perizinan, semua akan berbasis digital,” kata dia.

Sebagai Cawabup, ia akan banyak mengurus bidang Kesejahteraan Sosial (Kesra). Porsi inilah yang perlu didukung oleh birokrasi yang baik.

“Birokrasi harus mendukung kesejahteraan. Itulah konsep keberpihakan,” jelas satu-satunya kontestan perempuan di Pilkada Gunungkidul itu.

Martanti mengaku pengalamannya selama puluhan tahun di bidang sosial dan pemberdayaan perempuan akan membuktikan kemampuannya. Pengalaman juga memudahkan dirinya memahami persoalan dan memberi solusi.

“Nanti setiap kandidat akan terlihat mana yang mampu dan tidak. Bagi saya, ini tidak main-main. Sistem otonomi daerah membuat maju-tidaknya daerah bergantung pada kemampuan pemimpinnya,” tegas cawabup yang berpasangan dengan Immawan Wahyudi itu. (*)

BERITA REKOMENDASI