NasDem DIY Kirim Bantuan untuk Pengungsi Merapi, Ingatkan Patuhi Prokes di Barak

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem DIY menyerahkan bantuan makanan kepada pengungsi merapi di barak pengungsian Glagaharjo, Cangkringan, Jumat (04/12/2020). Sebanyak 300 paket nasi dibagikan kepada pengungsi yang merupakan kelompok rentan. Bantuan makanan ini merupakan misi kemanusiaan Partai NasDem dalam rangka memperingati ulang tahun ke-9.

“Kami ingin berbagi sekaligus memberi dukungan moril kepada para pengungsi. Mereka sudah menghuni barak pengungsian hampir sebulan sejak meningkatnya aktivitas Merapi,” ujar Widi Sutikno, Anggota DPRD DIY dari Fraksi NasDem.

Para pengungsi di Glagah Harjo terdiri dari warga dari kelompok rentan. Mereka terdiri dari lansia, anak-anak, ibu hamil dan difabel. Para pengungsi ini berasal dari Dusun Kalitengah Lor atau wilayah paling utara beradius kurang dari 5 kilometer.

Pemberian makanan diapresiasi oleh perangkat desa Glagah Harjo, Heri Prasetyo. Heri yang turut mendampingi pengurus NasDem di barak pengungsian mengaku senang karena pengungsi dapat menikmati sajian menu berbeda dari dapur umum. “Saya mewakili pemerintah desa menuturkan banyak terima kasih atas bantuan ini,” ucapnya.

Menurut Heri, data hingga hari Kamis (03/12/2020) kemarin, para pengungsi mencapai 240 warga. Sedangkan orang-orang dewasa sementara menempati rumah-rumah mereka, sedangkan para penduduk yang bertahan sesekali datang ke pengungsian untuk menengok keluarganya.

“Mereka pun sudah dilatih untuk kondisi darurat, seperti tanggap mendengar suara sirine dan mengetahui jalur evakuasi. Terkadang ketika senggang, mereka turun menengok anak dan keluarganya di barak pengungsian,” tutur Heri.

Ketua Panita HUT NasDem DIY, Agus Pratomo menuturkan, bantuan makanan yang disalurkan hari Jumat (04/12/2020) sebanyak 700 paket. Bantuan dibagikan serentak di kota Yogyakarta, Bantul, Kulonprogo dan Gunungkidul. “Khusus di Sleman, dibagikan di barak pengungsian,” kata Agus.

Pembagian ini diprioritaskan kepada warag pekerja informal yang pendapatannya terpukul akibat pandemi. Sebagian diantaranya merupakan pelaku UKM, Pedagang, buruh dan kuli bangunan dan penarik becak.

Menurut Agus, pembagian bantuan makan sebagai bentuk tanggung jawab moral NasDem mengusung misi kemanusiaan. “Momentum HUT ke 9, kami tidak merayakan dengan berlebihan. Kami ingin terus berbagi untuk kemanusiaan,” tutup Agus.

Ia juga mengingatkan kepada para pengungsi untuk selalu bersabar dalam menghadapi kondisi Merapi yang saat ini berstatus Siaga. Agus juga meminta kepada para pengungsi agar selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan selalu mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (Van)

BERITA REKOMENDASI