NasDem Usulkan Pos Vaksinasi Kalurahan Diperbanyak

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Anggota DPRD Provinsi DIY, Suparja meminta pemerintah daerah memperbanyak lokasi vaksinasi hingga ke setiap kalurahan. Pendirian pos vaksinasi di setiap kalurahan untuk memudahkan vaksin kepada masyarakat, khususnya lanjut usia (lansia) sebagai kelompok yang rentan terpapar.

“Pembentukan pos vaksin yang merata di setiap kalurahan untuk memudahkan lansia. Ini sebagai wujud kehadiran pemerintah kepada masyarakat. Dengan dukungan Satgas, Satpol PP, TNI-Polri dan aparatur desa, saya optimis pendirian pos vaksin di setiap kalurahan akan berhasil,” jelas legislator dari Dapil Gunungkidul itu, Kamis (08/07/2021).

Berdasarkan laporan yang ia terima, saat ini sejumlah kalurahan sudah menyediakan pos vaksin, hanya saja belum menyeluruh se-Kabupaten Gunungkidul. Program vaksinasi ini hendaknya mandapat dukungan dari semua pihak, terlebih lagi saat ini pemerintan tengah menargetkan 1 juta vaksin setiap hari.

Saat ini vaksinasi di Gunungkidul sudah tersedia di beberapa lokasi vaksinasi, yakni Gedung Serba Guna Siyono, Logandeng Kalurahan Playen, Balai Kalurahan Pilangrejo Nglipar, Balai Kalurahan Prigombo Rongkop dan Kantor Kapanewon Saptosari. Dinas Kesehatan Gunungkidul, terus melayani vaksinasi dengan memprioritaskan tiga kelompok utama, yakni tenaga medis, petugas pelayan publik dan lansia.

Semakin banyak banyak pos yang didirikan maka akan mengurangi kepadatan masyarakat di lokasi vaksinasi. Selain itu dengan berdirinya pos di beberapa lokasi tentunya juga akan menjangkau masyarakat lebih luas lagi.

“Pemerintah terus mempercepat target vaksinasi. Dengan vaksin, kita bersama-sama tangkal sebaran Covid-19,” kata Suparja yang juga merupakan Ketua NasDem Gunungkidul itu.

Ia juga meminta masyarakat agar tak takut untuk menjalani vaksinasi. Vaksinasi bertujuan untuk kesehatan tubuh seseorang dalam menangkal wabah Covid-19 sehingga nantinya akan terbentuk herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Masyarakat tidak perlu takut, tidak perlu khawatir. Tinggal inisiatif saja karena vaksin sudah memenuhi standar kesehatan dunia,” pesannya.

Jumlah angka harian positif Covid-19 di DIY pada Kamis (08/07/2021) sebanyak 1.424 kasus, sembuh 918 kasus dan meninggal 38 kasus. Sedangkan secara kumulatif positif Covid-19 hingga saat ini tercatat 70.894 kasus, total sembuh 53.319 kasus dan angka meninggal dunia 1.848 kasus. (Van)

BERITA REKOMENDASI