Noken Solutions Beri Pendampingan Mahasiswa Papua di Yogya

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 40 mahasiswa asal Papua di Yogya mengikuti program pendampingan yang dilakukan Noken Solutions. Pendampingan ini dilakukan dalam bentuk outbond yang dilaksanakan di Omah Petroek Pakem Wonorejo Hargobinangun Sleman, Sabtu (05/06/2021) hingga Minggu (06/06/2021). Kegiatan ini merupakan lanjutan dari gelaran #PAPUAPASTIBISA yang telah dilaksanakan 8 – 30 Mei lalu.

Founder Noken Solutions, Elma Febi Astuti mengatakan kegiatan ini diikuti mahasiswa dari Merauke, Manokwari, Maybrat, Raja Ampat, Tolikara, Nabire, Waropen, Fak-Fak dan Yahukimo. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kepercayaan diri, kesolidan dalam team work dan membangkitan kembali semangat dalam pendidikan dan pekerjaan dan akan di tutup dengan Seremonial tarian adat Yospan oleh para peserta.

“Dalam kegiatan ini muda-mudi Papua didampingi dalam menghadapi masalah-masalah pribadi serta meningkatkan kapasitas mental, emosional dan spiritual. Dengan demikian, mereka akan mampu mencapai performa terbaiknya dalam studi dan proses pematangan pribadi,” kata Elma Febi Astuti sebelum kegiatan dilaksanakan.

Dalam proses pendampingan ini Noken Solutions menggandeng tim psikolog dan konselor. Nantinya tim akan memberikan penyeimbangan, baik secara kelompok maupun konsultasi dan konseling pribadi.

“Pendekatan psikologi yang dipakai dalam kegiatan ini termasuk unik karena selain metode-metode yang umum dipakai di dunia konseling dan pengembangan diri,” tambahnya.

Metode ini membolehkan pendamping untuk mengakses pola-pola energetis yang terhambat dalam diri seseorang dan membuka hambatan-hambatan dalam diri dengan gerakan-gerakan senam otak, pijatan dan sentuhan. Sehingga yang seseorang bisa kembali ke posisi kini dan di sini dalam waktu singkat.

“Saat seseorang berada dalam posisi ini dia dalam kondisi seimbang untuk membuat keputusan terbaik bagi kelangsungan hidup dan perkembangan diri serta orang-orang di sekitarnya,” terangnya.

Salah seorang mahasiswa asal Papua, Janita Rosumbre mengaku sangat terbantu dengan adanya pendampingan ini. Dengan program ini ia mengaku mebih bisa lebih folus dalam menghadapi studi selama di Yogya.

“Kegiatan ini sangat membantu sekali dalam melatih fokus kami dalam menyelesaikan study di Yogyakarta,” kata mahasiswi Fakultas Biologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini.

Ia dan mahasiswa Papua yang ada di Yogya berkomitmen untuk menyelesaikan studinya. Setelah lulus Janita pun berjanji akan kembali ke Papua untuk membangun Bumi Cendrawasih yang ia banggakan.

Dalam kegiatan ini Noken Solutions turut pula mendatangkan motivator kondang Krishnamurti. Ia hadir sebagai fasilitatir dan memotivasi para mahasiswa untuk terus bersemangat membuka wawasan agar dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi bangsa. (*)

BERITA REKOMENDASI