Operasi Zebra Polresta Yogyakarta Bagikan Masker

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Personel Polresta Yogyakarta yang tergabung dalam satuan tugas Operasi Zebra Progo 2021 melaksanakan kegiatan pendisiplinan bagi pengendara di jalan, Kamis (25/11/2021). Operasi ini dilakukan secara persuasif oleh petugas dengan memberikan imbauan kepada masyarakat tentang tertib berlalu-lintas. Selain itu para anggota juga mengingatkan para pengendara untuk menaati protokol kesehatan (prokes).

Kasat Lantas Polresta Yogyakarta, Kompol Chandra Lulu Widiantoro mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Zebra Progo 2021 yang dilaksanakan mulai 15 November hingga 28 November mendatang. Sasaran utama yakni menertibkan para pengendara baik dari sisi kelengkapan surat-surat maupun kendaraan hingga penggunaan pelindung diri yakni helm.

“Operasi ini untuk mendisplinkan pendara saat berkendara di jalan raya. Keselamatan itu tanggungjawab bersama, jika diri kita selamat maka orang di sekitar kita juga akan selamat,” kata Chandra disela operasi yang dilaksanakan kawasan parkir Abu Bakar Ali Malioboro.

Ia mengatakan jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu-lintas setiap tahun di DIY masih cukup tinggi. Oleh karena itu untuk meminimalisir angka tersebut dan meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas maka jajaran Polresta Yogyakarta menggelar operasi ini.

Chandra berharap kesadaran dan ketertiban masyarakat tak hanya saat Operasi Zebra saja, melainkan dapat dilaksanakan setiap hari ketika berkendara. Dari tertib berkendara maka akan membawa masyarakat pada kedisiplinan lainnya dalam kehidupannya sehari-hari.

Sesuai amanat yang disampikan Kapolresta Yogyakata, Kombes Pol Purwadi dalam operasi kali ini para anggota juga diminta untuk mengingatkan pesan-pesan untuk senantiasa menaati prokes kepada masyarakat. Kondisi Kota Yogyakarta belum bisa dikatakan aman dari Covid-19, oleh karena itu kewaspadaan tetap harus ditingkatkan.

“Bagi masyarakat yang tak mematuhi prokes, salah satunya tidak menggunakan masker kami ingatkan dan berikan imbauan. Namun sejauh ini masyarakat saat berkendara di jalan raya telah memiliki kesadaran untuk memakai masker,” jelasnya.

Bagi yang kedapatan tak menggunakan masker, petugas memberikan masker secara gratis. Atau bagi pengendara yang tek memakai masker dengan benar, personel memberikan imbauan dan contoh mengenakan masker yang baik dan benar. (Van)

BERITA REKOMENDASI