PAN Kota Yogyakarta Peringati HUT ke-76 RI

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.con – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kota Yogyakarta memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 tahun dengan cara menggelar upacara secara virtual, Selasa pagi (17/08/2021). Upacara dilaksanakan di halaman DPD PAN Kota Yogyakarta, Jalan Babaran, Warungboto, Umbulharjo. Uniknya, peserta upacara mengenakan pakaian tradisional adat Yogyakarta dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Prosesi acara berlangsung mulai pukul 08.30 – 08.30 WIB, yang diawali zoom meeting dengan DPP PAN. Dalam kesempatan itu, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan berpesan kepada seluruh kader PAN untuk bersama bahu-membahu membantu penanganan covid19. Terlebih PAN di Kota Yogyakarta sendiri memiliki posisi strategis dengan sebaran kader yang merata serta memiliki distribusi kader di eksekutif dan legislatif.

Diketahui di Kota Yogyakarta, PAN merupakan partai terbesar kedua setelah PDIP. Keberhasilan politik PAN dibuktikan dengan posisi Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Purwadi, yang merupakan kader PAN. Sedang di parlemen memiliki enam kursi, dengan menempatkan perwakilan di pimpinan dewan.

Sekretaris DPD PAN Kota Yogyakarta Rifki Listianto menjelaskan PAN Kota Yogyakarta mengikuti upacara kemerdekaan RI ke-76 tahun dengan mengenakan pakaian tradisional adat Yogyakarta. Keunikan itulah yang membedakan dengan dengan daerah lainnya di Indonesia.

Menurut Rifki, pemilihan mengenakan pakaian adat Yogyakarta bagi peserta upacara tersebut sebagai bentuk kekayaan kebhinekaan. PAN menunjukan kearifan lokal dari Kota Yogyakarta melalui pelestarian pakaian adat.

Anggota DPRD Kota Yogyakarta itu juga menjelaskan kegiatan upacara rencananya akan dilaksanakan pada tahun depan yang tetap mengedepankan unsur budaya lokal Kota Yogyakarta.

“Dan tidak ketinggalan, di masa pandemi ini PAN Kota Yogyakarta konsisten melawan covid19. Beragam kegiatan terus dilaksanakan baik upaya pencegahan, penanganan maupun meringankan beban ekonomi warga terrampak pandemi,” terang pria Patehan, Kraton, itu.

Sementara PAN mendapatkan rekor MURI dari rangkaian HUT RI ke-76 tahun yang dilaksanakan melalui virtual bertema “Munajat Untuk Indonesia Sehat”. Kegiatan itu diikuti oleh sekitar 25 ribu, kader PAN se-Indonesia yang dilaksanakan pada hari Kamis (12/08/2021) pukul 19.30 WIB. DPD PAN Kota Yogyakarta sendiri secara aktif turut serta dalam munajat virtual tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI