Partai Ummat DIY Optimis Rebut 60 Persen Suara Warga Muhammadiyah

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Partai Ummat DIY optimis mampu merebut 60 persen suara warga Muhammadiyah. Jika warga Muhammadiyah di DIY berjumlah sekitar 1.500.000 orang, maka partai baru besutan politikus Amien Rais tersebut yakin mampu mendulang kurang lebih 800.000 suara dari salah ormas Islam terbesar itu.

“Dukungannya besar datang dari cabang-cabang (Muhammadiyah) itu banyak yang mendukung. Kalau prosentase saya kira diatas 60 persen. DIY ada sekitar 1,5 juta warga Muhammadiyah, kalau data saya tidak salah,” kata Ketua DPW Partai Ummat DIY, Dwi Kuswantoro dalam jumpa pers bertema Tasyakuran Partai Ummat DIY di kantor DPW setempat, Jumat (03/09/2021).

Dwi Kuswantoro menegaskan tagline Partai Ummat yang siap melawan keazaliman dan menegakkan keadilan, sejalan dengan Muhammadiyah dimana selalu berjuang untuk amar ma’ruf nahi munkar. Ia juga tak memungkiri jika anggota maupun pengurus partai berlambang perisai bintang emas tersebut banyak dari kalangan Muhammadiyah.

“Bukan berarti Muhammadiyah itu Partai Ummat, karena Muhammadiyah memang bukan partai dan tidak berpoilitik. Namun memang kami banyak yang berasal dari Muhammadiyah, termasuk saya,” tegasnya.

Dwi Kuswantoro mengaku pada kepengurusan Muhammadiyah dirinya menjabat sebagai Ketua Majelis Pemberdayaan PWM DIY. Namun karena memilih untuk aktif di Partai Ummat maka ia harus mundur kepengurusan karena peraturan di Muhammadiyah tegas menyatakan tidak diperbolehkan bagi pengurus harian yang merangkap di partai politik.

Walau berazaskan Islam namun Dwi Kuswantoro menegaskan Partai Ummat tetap terbuka bagi siapa saja. Termasuk nantinya dalam berpolitik nantinya Partai Ummat tak menutup diri dan siap berkoalisi dengan partai manapun untuk bersama membangun bangsa.

“Yang jelas Partai Ummat akan melawan kedzoliman. Selama di negeri ini pemerintahan yang dzolim maka kami melawannya,” jelas Dwi Kuswantoro.

Partai Ummat baru saja mendapatkan legalitas dan disahkan menjadi partai politik melalui keputusan Kemenkumham nomor : M. KH Kep 13 AH. 11.01 tanggal 20 Agustus 2021. Partai Ummat DIY saat ini tengah fokus pada proses verifikasi pendaftaran di KPU, dimana syarat administrasi yang harus dipenuhi adalah dapat menunjukan Kartu Tanda Anggota (KTA) setidaknya seperseribu dari jumlah penduduk di satu Kabupaten/Kota atau sekitar 5.500 KTA. (Van)

BERITA REKOMENDASI