PC Muslimat NU Kota Yogyakarta Gelar Pelatihan Batik dan Jumputan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – PC Muslimat NU Kota Yogyakarta telah menggelar pelatihan batik dan jumputan di Galeri Batik Songo, Kamis (19/11/2020). Kegiatan ini merupakan rangkaian terakhir dari acara Pembekalan Penciptaan Wirausaha Baru melalui Pemberdayaan Tenaga Kerja Mandiri.

Acara yang merupakan kerja sama antara PP Muslimat NU dan Kementerian Ketenagakerjaan ini juga diselenggarakan di beberapa wilayah lain di Indonesia. Sebelumnya, acara dibuka di Ponpes Nurul Ummah Putri, Kotagede pada Senin (16/11/2020).

Pembukaan acara ini dihadiri oleh berbagai pimpinan Muslimat NU di wilayah DIY. Dalam pembukaan acara, Hj. Istianah SPd selaku narasumber juga melakukan penyerahan paket alat dan bahan secara simbolis pada para peserta. Acara ini diikuti sekitar 20 peserta yang terdiri dari anggota PAC Muslimat NU Umbulharjo.

PC Muslimat NU Kota Yogyakarta selaku penyelenggara acara menghadirkan pelatih dari paguyuban Kenanga Mekar, Nur Intan Cahyani. Dalam acara ini, peserta tidak hanya berlatih membatik tulis, namun mereka juga berlatih batik jumputan sekaligus pewarnaan kainnya. Dengan diberikannya pelatihan keterampilan tersebut, diharapkan bisa menjadi peluang ekonomi bagi para peserta.

“Semoga dengan acara ini, kaum perempuan terutama kaum ibu bisa mandiri dari sisi ekonomi,” tegas Ifah Rofiqoh MSi selaku penanggung jawab acara. (*)

BERITA REKOMENDASI