PDIP Temanggung Beri Bantuan Alat Pertanian

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Jajaran struktural DPC PDI Perjuangan Temanggung menyelenggarakan ‘Serah Terima Bantuan Alat Pertanian’ yag dilaksanakan di kantor setempat, Minggu (07/11/2021). Hal tersebut dilaksanakan sebagai upaya manifestasi fungsi aspirasi yang dimiliki oleh partai dalam rangka mengabdi kepada masyarakat.

Bantuan alat pertanian ini berasal dari DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah. Adapun pelaksanaan di lapangan, bantuan ini diserahkan oleh Wakil Ketua Bidang Rekrutmen dan Kaderisasi DPD, Sofwan D Ardyanto. Total terdapat 16 alat pertanian yang diserahkan dalam giat ini dengan rincian 9 unit traktor dan 7 unit kultivator.

Selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Temanggung, Yunianto menuturkan bantuan ini ditujukan untuk meningkatkan produktivitas pertanian sehingga hasilnya lebih optimal. “Kita melakukan kajian dan analisa dimana para petani akhir-akhir ini mengalami masa yang sulit. Dorongan teknologi tentu akan menciptakan progresivitas yang lebih baik. Untuk itu, alat pertanian yang kami berikan ini diharapkan dapat mendongkrak munculnya produk serta komoditas yang memiliki mutu tunggi dan kuantitasnya lebih banyak,” tuturnya.

Wilayah Temanggung sendiri pada dasarnya memiliki kondisi geografis dan klimatologis yang favorable terhadap dunia pertanian. Hal tersebut tentu menjadi alasan logis mengapa 75% masyarakatnya bermata pencahariaan di sektor agraria.

Dalam konstelasi di tingkat provinsi, Kabupaten Temanggung ini juga menjadi salah satu wilayah penopang kedaulatan pangan. Dengan demikian, maka perhatian terhadap petani tentunya harus diaksentuasikan sehingga terciptalah kesejahteraan.

“Kita mempunyai potensi komparatif dibandingkan dengan wilayah lain. Hal ini harus kita optimalisasikan untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani itu sendiri. Problematika yang terjadi di realitas kehidupan saat ini dimana para petani belum mendapatkan kesejahteraan tentu sangat memilukan. Untuk itu, PDI Perjungan hadir sebagai refleksi Partainya Wong Cilik dengan langkah konkret dan realistis,” lanjut Yunianto.

Sofwan D Ardyanto menjelaskan lebih lanjut bahwasanya giat yang terealisasikan ini merupakan bukti adanya nilai-nilai gotong royong dari kader partai. Berbagai langkah koordinasi untuk menciptakan kontribusi sosial terus digalakkan sebagai bentuk tanggung jawab moral etik seorang kader.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran struktural yang sudah saling bersinergi untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat. Tanpa ada gotong royong, tentu bantuan alat pertanian ini tidak akan terealisasikan. PDI Perjuangan senantiasa membangun barisan yang kuat dan tegak lurus, berderap bersama untuk wong cilik. Ini adalah kewajiban bagi kader partai untuk ikut menyemai idee-idee Bung Karno,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sofwan D Ardyanto juga mengungkapkan makna tagline Temanggung Bangkit yang digaungkan oleh keluarga besar PDI Perjuangan Temanggung sebagai upaya membenahi segala sektor dan sendi kehidupan masyarakat, termasuk dunia pertanian itu sendiri. Baginya, Partai mesti memberikan langkah yang solutif serta representatif terhadap kebutuhan masyarakat. Langkah konkret ini diyakini akan berelevansi dan memiliki signifikansi bagi terciptanya kesejahteraan sosial.

“Tagline Temanggung Bangkit adalah keinginan kita untuk lebih dekat dengan masyarakat. Ketika ada aspirasi yang ingin disampaikan, silahkan datangi pengurus ranting supaya dikomunikasikan dan dikoordinasikan lebih lanjut. Nantinya, Partai tentu akan mengupayakan berbagai hal sehingga kebutuhan masyarakat dapat terakomodasi. PDI Perjuangan berkomitmen untuk menciptakan bukti nyata pengabdian di tengah masyarakat,” imbuhnya.

Adapun mekanisme penyaluran bantuan ini kepada kelompok tani nantinya akan dipantau dan diikuti langsung oleh Pengurus Ranting PDI Perjuangan di masing-masing desa. Hal tersebut diorientasikan supaya traktor maupun kultivator yang diberikan dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Skema ini juga diharapakan agar kader struktural di grassroot mampu menjalin komunikasi yang lebih intensif dengan masyarakat.

“Jajaran Ranting Partai diharapkan berpartisipasi aktif dalam setiap tugas ideologis, itulah amanah dari Bapak Sofwan D Ardyanto. Kami nantinya akan turut terlibat dalam penyerahan bantuan kepada kelompok tani di masing-masing,” pungkas Ketua Ranting Desa Jumo, Ristomo. (*)

BERITA REKOMENDASI