Pembangunan Embung Sendangtirto Memasuki Tahap Akhir

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pembangunan Embung Sendangtirto di Berbah Sleman memasuki tahap akhir. Pengerjaan utama seperti seperti pembangunan bonjong maupun dinding embung telah rampung digarap sesuai dengan jadwal. Dalam tahap akhir ini pembangunan tinggal menyisakan pengerjaan pendungkung maupun finishing.

Progres pembangunan menurut Asisten Site Manager PT Dwi Daya Lestari, Adhi Wira telah mencapai 88 persen. Ia menargetkan pada tanggal 21 Oktober mendatang seluruh pengerjaan dapat selesai dikerjakan seluruhnya.

“Sekarang telah memasuki tahap finishing, tinggal pengerjaan yang kecil-kecil namun memang butuh ketelitian dan kerapihan. Selain itu pemasangan fasilitas pendukung juga telah mulai dilakukan,” kata Adhi Wira.

Untuk mengejar sisa waktu yang tinggal sembilan hari, PT Dwi Daya Lestari mulai minggu ini telah menambah jumlah pekerja. Sebanyak 10 orang pekerja tambahan dikerahkan untuk melakukan finishing, termasuk memasang segala fasilitas pendukung embung.

Untuk fasilitas pendukung, embung yang juga digagas sebagai tempat wisata ini akan dilengkapi dengan 34 kursi jati dan lampu taman daya listrik dengan kekuatan 2200 watt. Proyek seluas 11.500 meter ini juga akan memiliki jogging track serta tiga bangunan gazebo yang terletak di sisi barat.

“Untuk jogging track dan jalan masuk menuju embung menggunakan konblok. Hand rail (pegangan) telah pula dipasang memutari embung agar pengunjung aman saat berada di sini,” imbuhnya.

Proyek senilai Rp 8,6 miliar ini dikerjakan selama 210 hari atau 8 bulan terhitung sejak 26 Maret lalu. Embung Sendangtirto mampu menampung air hingga total volume mencapai 19.500 meter kubik dengan elevasi air mencapai ketinggian 2,25 meter. (Van)

BERITA REKOMENDASI