Pembangunan Jembatan Kretek II Siapkan Pemasangan Girder

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Progres pembangunan jembatan Kretek II di Bantul telah mencapai 40 persen. Selanjutnya proyek akan memasuki tahap pengerjaan pemasangan kolom (pilar), timbunan, jalan pendekat dan pemasangan girder.

Anggaran dalam pembangunan jembatan ini mencapai Rp 364 miliar. Nantinya jembatan dengan panjang 2.015 meter dengan lebar 24 meter tersebut akan menghubungkan ruas jalan baru Samas – Kretek dan Kretek – Parangtritis.

Kedua jalan baru tersebut merupakan bagian dari Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Pembangunan jembatan akan berlangsung selama dua tahun dan ditargetkan akan rampung pada tahun 2023 mendatang .

“Kami baru saja menyelesaikan pembangunan pondasi. Secara persentase progres tahapan pembangunan kita plus 13 persen,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.4 Satker PJN DIY, Julian Situmorang ditemui di ruang kerjanya, Senin (31/05/2021).

Ia menambahkan sebelumnya proyek ini teleh menyelesaikan pemasangan desklap jembatan, pengaspalan dan pemenuhan kelengkapan lainnya. Nantinya dari jebatan ini akan terpasang sebanyak 48 girder dengan 8 pilar.

Proyek ini dikerjakan dengan sistem multiyears dengan pembangunannya telah dimulai sejak 27 Januari lalu. Jembatan Kretek II dibangun dan melintasi muara sungai Opak yang menghadap ke Samudera Hindia.

Julian Situmorang optimis proyek ini akan selesai tepat waktu. Pihaknya juga terus memantau pengerjaan yang dilakukan oleh rekanan tersebut sehingga proyek ini benar-benar sempurna seperti yang diharapkan. (Van)

BERITA REKOMENDASI