Pembangunan Pengendali Banjir Sungai Bogowonto dan Serang Terus Dikebut

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pembangunan jetty (bangunan menjorok ke pantai di kedua sisi muara) Sungai Bogowonto di pantai selatan Jawa wilayah Kulonprogo terus dikebut. Dari 300 meter panjang jetty pengaman muara Sungai Bogowonto, saat ini pengerjaannya telah mencapai panjang 100 meter. Ditargetkan tahun 2022 proyek ini bakal rampung dan segera dapat dioperasikan.

Proyek ini telah dimulai akhir tahun 2020 tahun. Pembangunan pengaman muara Sungai Bogowonto sisi barat dikerjakan oleh PT Bumi Karsa Abipraya, sedangkan bagian timur digarap PT Wika Aneka Dharma Persada.

“Ditargetkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) proyek ini selesai tahun 2023. Namun kami berharap tahun 2022 sudah selesai,” ungkap Kepala Satker Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Balai Besar Wilayah Sungai Serayu – Opak (BBWS SO), Gunawan Suntoro, Kamis (10/06/2021).

Gunawan Suntoro mengatakan penganggaran dua proyek ini multy years dan selama tujuh bulan pengerjaannya progres telah mencapai 20 persen. Ia optimis dengan capaian itu target yang dicanangkan dapat tercapai.

Selain proyek tersebut, BBWS SO juga tengah membangun prasrana pengendali banjir Sungai Bogowonto dan Serang yang dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya serta PT Pembangunan Perumahan. Dari dua sungai tersebut total prasarana pengendali banjir yang dikerjakan mencapai sepanjang 15 km.

Ia mengungkapkan dalam proyek ini nantinya akan ada pula pembangunan embung retensi yang berfungsi menahan sementara debit air dari Sungai Bogowonto dan Serang untuk kemudian dibuang ke laut selatan. Akan dibangun pula fasilitas ruang terbuka hijau sehingga nantinya tempat ini akan menjadi ikon bagi masyarakat Kulonprogo dan Purworejo.

“Harapannya dengan dibangunnya pengendali banjir Sungai Bogowonton dan Serang ini kawasan kawasan Kulonprogo serta Purworejo khususnya di Bandara Internasional Yogyakarta dan sekitarnya akan terkendali dari bahaya banjir dan tak ada genangan air,” pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI