Pengusaha Malioboro Divonis 1 Tahun Penjara

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sidang kasus ujaran kebencian yang dilakukan oleh seorang pengusaha kawasan Malioboro, Nathanael Budhi Susilo alias Cun Cun menemui babak baru. Majelis hakim memutus bersalah terdakwa karena telah terbukti dengan sengaja menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan kepada kelompok masyarakat tertentu.

“Menghukum terdakwa dengan 1 tahun 4 bulan penjara denda Rp 15 juta, subsidair 4 bulan kurungan,” tegas Ketua Majelis Hakim, Ida Ratnawati SH membacakan amar putusannya dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Yogyakarta, Senin (01/03/2021).

Hakim menyatakan terdakwa melanggar Pasal 45 A ayat (2) Undang-undang RI No 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-undang RI No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Vonis hakim lebih ringan 2 bulan, setelah sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nurhayati SH menuntut terdakwa dengan 1 tahun 6 bulan penjara dan denda sebesar Rp 25 juta subsidair 6 bulan kurungan.

Atas putusan ini terdakwa menyatakan pikir-pikir. Demikian pula dengan kuasa hukumnya, Oncan Poerba SH juga menyatakan hal yang sama. “Untuk sementara pikir-pikir,” kata Oncan Poerba singkat saat dimintai keterangan usai sidang.

Kuasa hukum pelapor Martius, Zulfikri Sofyan SH mengapresiasi vonis yang dijatuhkan hakim. Ia tak mempermasalahkan berat atau ringannya putusan, namun baginya yang penting adalah bagaimana vonis tersebut dapat menjadikan efek jera bagi terdakwa.

“Apalagi ujaran kebencian yang ditujukan kepada suku tertentu baru pertama kalinya, kalau biasanya ujaran kebencian ditujukan kepada pribadi, kelompok tertentu atau agama. Kami sangat mengapresiasi dan semoga ini dapat memberikan efek jera,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Ikatan Keluarga Besar Minangkabau Yogyakarta (IKBMY), H Remon menyatakan dengan kasus ini hendaknya dapat dijadikan pelajaran bersama. Ia berharap kedepan tak ada lagi ujaran-ujaran kebencian yang dilakukan oleh seseorang maupun kelompok tertentu ditujukan kepada suku, agama, ras maupun antar golongan. (Van)

BERITA REKOMENDASI