Perbaikan Jalan Gito Gati Segera Selesai

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Jalan Gito Gati yang terletak Denggung Sleman tak lama lagi bakal bisa lalui. Hampir selama lima bulan ruas jalan ini sempat ditutup dalam proses pengerjaannya. Ditargetkan proyek ini akan rampung sepenuhnya pada 22 Juli mendatang.

Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga DPUP – ESDM DIY, Yohanes Wira Sasongko mengatakan titik lokasi pengerjaan di ruas jalan ini sepanjang 1 km mulai dari sisi timur simpang empat Denggung hingga selatan Masjid Suciati. Pekerjaan yang dilakukan meliputi pembuatan drainase dan pelebaran jalan.

“Untuk pelebaran jalan, dari semula 7 meter menjadi 9 meter. Ada pula titik yang lebar 9 meter menuju ke 11 meter disesuaikan eksisting jalan,” kata Yohanes Wira Sasongko, Kamis (08/07/2021).

Ia menambahkan proyek tersebut dikerjakan oleh rekanan pemenang tender selama 150 hari. Saat ini progres pengerjaan telah lebih dari 80% dan ditargetkan pada 11 Juli mendatang telah mencapai 95%.

“Selanjutnya akan dilaksanakan penyelesaian pekerjaan minor seperti trotoar, median dan marka. Sehingga pada 22 Juli nanti seluruh pengerjaan telah benar-benar tercapaiu 100%,” tegasnya.

Yohanes Wira Sasongko menambahkan minggu ini pengerjaan akan memasuki pengaspalan jalan, setelah sebelumnya seluruh drainase telah terpasang. Dalam pengerjaan jalan, menurutnya ada tahapan-tahapan yang harus dilalui.

Ia mencontohkan pelaksanaan pengaspalan belum bisa dikerjakan apabila saluran drainase yang di bawah pelebaran jalan belum diselesaikan. Sehingga saluran drainase menjadi krusial untuk diselesaikan terlebih dahulu.

Paket peningkatan Jalan Gito Gati ini dikerjakan PT Putera Jaya Andalan. Proyek ini didanai dari APBN melalui dana alokasi khusus (DAK) senilai lebih kurang Rp 10 miliar. (Van)

BERITA REKOMENDASI