PKS Kota Yogyakarta Target Raih Tujuh Kursi Dewan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – DPD PKS Kota Yogyakarta memasang target meraup 39.000 suara pada pemilu legislatif 2024 mendatang. Dengan suara sebesar itu PKS optimis tujuh kursi di Dewan Kota Yogyakarta dapat diraih, meningkat dua kursi dari perolehan saat ini yakni lima kursi.

“Target kursi kami minimal tujuh, artinya meningkat dua kursi dari sekarang lima kursi. Dulu 25.000 suara, sekarang target kami ke depan sekitar 39.000 suara,” ungkap Ketua DPD PKS Kota Yogyakarta, Narsul Khoiri usai sosialisasi hasil rakerda dan penyampaian program strategis yang digelar di Pendopo Matawis Sidikan Yogyakarta, Minggu (11/04/2021).

Setelah target itu tercapai, selanjutnya PKS Kota Yogyakarta bakal membidik kursi pimpinan dewan. Jika melihat dari survei yang dilakukan internal partai, target tersebut tidaklah mustahil setelah pada Pileg Kota Yogyakarta lalu partai ini finish pada urutan ketiga.

“Jika belajar dari pemilu-pemilu lalu target dari unsur pimpinan dewan bisa tercapai. Karena sekarang realitasnya lima kursi sudah dapat kursi pimpinan dewan,” tambahnya.

Terkait pemilihan kepala daerah yang juga akan digelar serentak tiga tahun lagi, PKS Kota Yogyakarta juga telah menyiapkan satu nama untuk digadang sebagai kandidat calon walikota setempat. Meski enggan membeberkan siapa nama terasebut, namun Narsul Khoiri percaya diri partainya akan mengusung calon sendiri.

Nama tersebut terus digodok oleh internal partai dan pada saat yang tepat akan diumumkan ke publik. Melihat konstalasi politik yang dinamis, ia menegaskan PKS juga tidak menutup kemungkinan nantinya membuka pintu koalisi dengan berbagai partai politik yang selama ini ada.

“Target terbaik tentunya walikota. Tetapi melihat bagian dari asumsi realitas politik yang ada, target wakil walikota juga bukan target yang buruk,” jelas Narsul Khoiri.

Ketua DPW PKS DIY, Agus Mas’udi menyatakan sebuah partai politik akan selalu berorientasi pada kekuasan, demikian pula dengan PKS. PKS akan terus mengoptimalkan gerak mesin partai guna mengumpulkan suara sebanyak-banyaknya sehingga dapat menempatkan kader-kader terbaiknya di dewan.

“Kami tidak malu-malu menyampaikan hal ini. Konsekuensinya dari orientasi pada kekuasaan itu berarti marketnya harus diperluas, ceruknya diperluas dan diperkuat lagi,” tegasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI