Progres Pembangunan Jembatan Pasekan Mencapai 55 Persen

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Progres proyek peningkatan Jembatan Pasekan di Kalurahan Maguwoharjo, Kapanewon Depok kini mencapai 55 persen. Sebelum proyek dikerjakan, ditemukan kerusakan konstruksi jembatan. Lokasi jembatan berada di perbatasan Dusun Pasekan dengan Dusun Setan.

Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga DPUPKP Sleman, Dwi Endarto Budi Santosa menjelaskan langkah pembenahan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman dengan mengelontorkan alokasi anggaran mencapai Rp 2,5 miliar. Dengan target masa pengerjaan selama 150 hari kalender, diawali pada 25 Mei 2021.

“Untuk jembatan Pasekan itu kita usulkan untuk dibangun dikarenakan untuk konstruksi lama jembatan sudah mengalami patah pada baloknya, konstruksi lama menggunakan konstruksi balok T, ditemukan patah sebanyak dua balok,” jelas Dwi Endarto, Kamis (06/09/2021).

Selain itu, terangnya, sesuai desain perencanaan dilakukan juga penambahan lebar bangunan menjadi 8 meter ,termasuk konstruksi trotoar yang berada di sisi kiri dan kanan jembatan masing-masing selebar 1 meter. Saat ini pekerjaan masih berlangsung.

“Progres sampai dengan minggu ini mencapai 55,03 persen, sedangkan pekerjaan yang sedang dilakukan diantaranya, saluran, raising atau peningian badan jalan dan aspal dua lapis, yakni AC-BC dan lapis AC-WC,” ungkapnya.

Muhammad Sa’dun salah satu warga Dusun Setan RT 05 RW 44 mengaku mendapat dampak dengan pelaksanaan pembangunan jembatan Pasekan, akan tetapi dirinya menyatakan maklum demi untuk kepentingan bersama dan kemajuan pembangunan di wilayah Sleman.

“Kadang ada kebisingan antara jam 08.00 WIB sampai dengan jam 16.00 WIB sore. Walaupun terdampak namun kami maklum dan sangat mendukung dengan pembenahan jembatan ini, akan dibuat lebih bagus kok, dan saya perhatikan kualitas bangunan bagus,” ujarnya.

Proyek dilaksanakan oleh kontraktor PT Karya Cipta Mulia yang beralamat di Jalan Mawar No 08, Dusun Timbulrejo, Kalurahan Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, diawasi oleh konsultan pengawas PT Agsigraphi. Dengan nomor kontrak 027/180/SP/1.03.1.04.0.00.01/V/2021 tanggal 25 Mei 2021. (*)

BERITA REKOMENDASI