Pusat Minuman Beralkohol Klaim Miliki Izin

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Beredar viral di media sosial konten video dari sebuah toko yang menawarkan minuman beralkohol berlokasi di kawasan Umbulharjo Yogyakarta. Selain promosi beragam jenis minuman beralkohol, dalam video itu juga disebut tentang surat izin berjualan.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Jogja Bambang Anjar Jalumurti mengatakan jika tempat usaha tersebut belum memiliki Izin Usaha yang sah maka sanksinya usaha ditutup sampai terbit izin usahanya yang sah berdasarkan yang berdasarkan PP Nomor 5 Tahun 2021.

“Izin yang dimiliki terbitan OSS lama, masih berdasarkan PP 24/2018 tentang perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik yang telah dicabut dengan PP 5/2021 tentang penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko,” terangnya, Rabu (15/12/2021).

Menurut Bambang memiliki NIB terbitan OSS belum cukup lengkap untuk menjalankan usaha, karena harus divalidasi dahulu sehingga seharusnya belum bisa operasional. Pihaknya menyambut baik Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu telah berkirim surat kepada pihak bersangkutan. Adapun untuk penindakan penutupan ada di Satpol PP. “Jangan sampai kegiatan itu justru merusak marwah Jogja sebagai kota pelajar maupun mahasiswa,” katanya.

Komandan Satpol PP Kota Yogyakarta Agus Winarto mengaku memang menemukan usaha yang perizinan belum lengkap. “Yang jelas kami menemukan usaha yg perizinannya belum lengkap. Kemarin sudah diberikan surat dari DPMPTSP untuk tutup karena harus melakukan migrasi perizinan OSS berbasis resiko,” katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI