Repdem Gelar Vaksinasi Covid-19

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Relawan Perjuangan Demokrasi (Repden) menggelar vaksinasi bagi masyarakat di lingkungan Kampung Sapen Yogyakarta, Selasa (03/08/2021). Vaksinasi yang digelar oleh salah satu sayap resmi PDI Perjuangan pemimpinan Ketua Umum Wanto ‘Klutuk’ Sugito dan Sekjen Abe dalam rangka HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Acara ini diikuti oleh warga Kampung Sapen baik warga asli maupun pendatang (kost). Acara ini digelar bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi kesehatan yang ada di Yogyakarta serta didampingi oleh salah satu ketua DPN Repdem Antonius Fokki Ardiyanto SIP yang sekaligus sebagai Ketua Kampung Sapen.

“Harapannya dari pelaksanaan vaksinasi dengan basis kampung selain membentuk herd immunity juga supaya kehidupan kembali berjalan lancar dan kehidupan perekonomian di kampung Sapen yang notabene 80% adalah warga pendatang (kost-kostan) dapat pulih kembali serta warga Sapen dapat kembali menjalankan aktivitas perekonomian,” kata Fokki.

Dengan geografis Kampung Sapen yang diapit beberapa perguruan tinggi seperti UIN Sunan Kalijaga, STPMD APMD, Janabadra, Atmajaya, AA YKPN, AKPRIND dan UKDW maka dapat dikatakan Kampung Sapen adalah kampung yang plural. Maka untuk dapat membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity maka kegiatan vaksinasi di kampung Sapen juga diikuti oleh anak anak kost.

Kampung Sapen yang juga di branding sebagai Kampung Inggris dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut juga dibantu aparat kepolisian dan tentara dalam hal pengamanan sehingga tidak terjadi kerumunan. Dengan diikuti oleh 250 peserta, pelaksanaan vaksinasi yang dimulai pukul 08.00 sampai pukul 12.00 WIB dapat berjalan lancar.

Salah satu warga Sapen Bramantyo Asdi dan pendatang yang kost di Sapen, Tira Khoinussah menyampaikan nada yang sama. Kegiatan Repdem ini menurutnya sangat bermanfaat terutama bagi warga yang kost di Sapen.

“Karena banyak tempat vaksinasi selalu penuh atau ditolak karena tidak punya KTP DIY. Tetapi di kampung Sapen ini, kami sebagai orang kost dengan KTP luar DIY bisa mengikuti vaksinasi,” ungkapnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI