Seperempat Abad Farmasi UAD Berkhidmat untuk Negeri di Masa Pandemi Covid-19

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta sudah 25 tahun berkarya untuk Negeri. Pada tahun ini Farmasi UAD sebagai Fakultas Kesehatan membantu pencegahan dan penanganan Covid-19 melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Program ini dilakukan di Shelter Kalurahan Singosaren Kapanewon Banguntapan Bantul.

Program PKM Fakultas Farmasi tidak hanya edukasi pencegahan penyebaran Covid-19, tapi juga pelengkapan fasilitas Shelter yang dibutuhkan saat ini, guna penanganan pasien Covid-19. Proses penyerahan dilakukan hari ini Rabu 18 Maret 2021 bertempat di Posko Penanganan Covid-19 Kalurahan Singosaren, disampaikan langsung oleh Dekan Fakultas Farmasi UAD Prof. Dr. Dyah Ariyani, Ph.D dan diterima langsung pula oleh Lurah Singosaren H. Joko Prayitno.

Pada kesempatan tersebut Dekan Farmasi UAD menyampaikan pada masa pandemi ini keberadaan shelter menjadi hal yang cukup penting untuk bisa memutus rantai penyebaran Covid-19. “Sehingga kami berkomitmen untuk dapat memenuhi kebutuhan shelter dan juga memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat,” katanya.

Edukasi kepada pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri diberikan dalam bentuk poster agar dapat dipelajari dengan baik. Selain itu juga diberikan layanan konsultasi obat, agar dapat meningkatkan pengetahuan pasien mengenai efek yang akan dirasakan selama masa pengobatan dan membantu pasien apabila mengalami permasalahan kesehatan.

Lurah Singosaren mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan dari program PKM Fakultas Farmasi UAD dengan harapan kebersamaan bisa Tanggap dan Tangguh menghadapi pandemi ini. (*)

UAD

BERITA REKOMENDASI