‘Serbu’ Malioboro, Prajurit Koramil Danurejan Ingatkan Prokes

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Koramil 04 Danurejan mengerahkan prajuritnya untuk melakukan ‘serbuan’ di Malioboro, Selasa (23/11/2021). Satu persatu para prajurit mendatangi warga, baik pedagang maupun pengunjung kawasan tersebut. Mereka mengingatkan kepada masyarakat yang beraktivitas di Malioboro untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Para prajurit memusatkan kegiatan di depan Malioboro Mall. Lokasi tersebut selama ini dikenal sebagai titik keramiana warga. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk tanggungjawab parajurit TNI AD untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

“Kegiatan ini dalam rangka mengajak masyarakat untuk disiplin dalam mematuhi prokes. Tujuannya tak lain untuk mencegah atau memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tegas Danramil 04 Danurejan, Mayor (Inf) Sriyanto.

Ia mengatakan sosialisasi dan imbauan dilaksanakan secara persuasif dan humanis, Harapannya dengan sikap itu maka warga akan sadar untuk mematuhi prokes bagi keamanannya sendiri maupun orang-orang di sekitarnya.

Sriyanto menambahkan kehadiran prajuritnya dapat respon yang positif dari masyarakat, Mereka bukannya takut dengan prajurit, namun justru merasa bangga dengan tugas yang dilakukan tentara kali ini.

Bahkan bagi yang tak mengenakan masker para prajurit tak menghukumnya, namun justru diberi masker dan mengingatkan untuk selalu dikenakan. “Cara humanis ini terbukti efektif untuk mengingatkan masyarakat,” tambahnya.

Ia berharap dengan terjunnya prajurit di tengah masyarakat maka akan membangkitkan semangat warga untuk memiliki kesadaran menerapkan prokes. Namun yang lebih utama, ‘serbuan’ ini diharapkan dapat menekan angka penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

“Karena tujuan utamanya untuk menjaga keselamatan dan keamanan warga. Warga tetap bisa produktif dan maju di tengah pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Sebagai benteng pertahanan negara, prajurit menurutnya harus mampu menjadi pelindung masyarakat termasuk dari musuh yang bernama Covid-19. Covid-19 merupakan musuh bersama, oleh karena itu dalam memeranginya perlu peran serta bersama seluruh komponen masyarakat. (Van)

BERITA REKOMENDASI