Setahun Menjabat Wakil Rakyat, Subardi Salurkan Program Aspirasi Senilai Rp 6,2 M

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Anggota DPR RI Subardi menyalurkan berbagai program aspirasi senilai Rp 6,2 miliar selama satu tahun menjabat sebagai legislator sepanjang tahun 2020. Capaian ini disampaikan Subardi dalam diskusi bertajuk Evaluasi dan Proyeksi Rumah Aspirasi tahun 2021 di Hotel Merapi Merbabu Sleman, Senin (04/11/2021). Di hadapan para pengurus rumah aspirasi, ia bersyukur atas capaian yang luar biasa ini.

“Alhamdulillah ini capaian luar biasa sepanjang tahun 2020. Sebagai wakil rakyat, saya tidak hanya menyalurkan kepada konstituen, melainkan kepada segenap masyarakat DIY. Tujuannya untuk memberi manfaat seluas-luasnya,” jelas legislator dari Dapil DIY ini.

Secara keseluruhan, program yang disalurkan senilai Rp 6.246.935.696. Jumlah ini terbagi dalam berbagai program, yakni pengerasan jalan (aspal), penerangan jalan umum (PJU), pembangunan balai dusun, bantuan ambulan, pembangunan rumah ibadah, bantuan kolam lele, bantuan tenda dan kursi, bantuan bak pengairan air dusun, bantuan obat-obatan, bantuan hewan kurban dan bantuan sembako. Program aspirasi ini tersebar di 327 dusun se-DIY sepanjang tahun 2020.

Selain program aspirasi, Subardi tercatat dua kali menggelar pelatihan Usaha Kecil Menengah senilai 256 juta di lima kabupaten/kota. Pelatihan yang bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian ini diikuti ratusan peserta, baik UKM pemula maupun pengembangan usaha mikro. Atas capaian selama 2020, Subardi berterima kasih kepada para pihak yang menyukseskan program ini.

“Saya sampaikan terima kasih kepada pengurus rumah aspirasi, pengurus Subardi Center, para kader NasDem dan segenap Mitra Kerja di Komisi VI beserta jajarannya. Inilah bukti bahwa politik tidak hanya urusan kontestasi. Politik adalah instrumen untuk membangun masyarakat,” kata Mbah Bardi, sapaan akrabnya.

Subardi memiliki 7 rumah aspirasi yang tersebar di 5 kabupaten/kota. Khusus Bantul dan Sleman, Ketua DPW NasDem DIY itu membangun dua rumah aspirasi untuk menjangkau cakupan wilayah yang luas. Ia pun berharap program aspirasi akan meningkat di tahun 2021 dengan fokus untuk pemulihan ekonomi akibat pandemi.

“Ke depan fokus kepada program pemulihan dan pemberdayaan. Yang jelas, pengabdian ini masih panjang. Semoga di tahun 2021 capaian ini meningkat signifikan,” pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI